Rabu, Juli 3

Traveler berencana ke Melbourne dalam waktu dekat? Jika iya maka tips berikut sangat berguna untuk traveler ketika menggunakan kendaraan umum.

Diketahui bahwa Melbourne, ibu kota negara bagian Victoria, Australia, menawarkan pesona tersendiri bagi wisatawan. Kota ini memadukan unsur klasik dan modern, dengan galeri seni kelas dunia, kafe unik, taman cantik, serta nuansa tepi pantai yang memikat.

Selain memiliki daya tarik wisata yang beragam, Melbourne juga telah memiliki jaringan moda transportasi umum yang sangat memadai. Selain berhemat, wisata dengan transportasi umum juga akan memberikan kesan pengalaman tersendiri lho!

Berikut ini beberapa tips menggunakan transportasi umum di Melbourne:

1. Beli kartu Myki

Kartu Myki adalah kunci untuk menggunakan transportasi publik di Melbourne, Australia. Kartu ini dapat digunakan untuk naik kereta api, trem, bus, dan bahkan feri.

Traveler dapat membelinya di berbagai tempat, seperti stasiun kereta api, toko ritel, online, mesin Myki, atau melalui PTV. Jangan lupa untuk mendaftarkan kartu Myki pada aplikasi Myki untuk melacak saldo, perjalanan, serta mengatur isi ulang kartu secara otomatis.

Kartu Myki tersedia dalam berbagai jenis, salah satunya Myki Explorer Pass untuk perjalanan tak terbatas selama 7, 14, atau 28 hari.

Kartu Myki (Foto: Australia Plus)

2. Rencanakan perjalanan

Perjalanan wisata akan terasa menyenangkan apabila traveler telah memiliki jadwal perjalanan yang pasti. Untuk mempermudah mengatur rencana perjalanan, traveler dapat menggunakan perencana perjalanan online yang telah disediakan pemerintah Melbourne seperti PTV Journey Planner.

Platform ini memuat perjalanan wisata yang lengkap dengan panduan transportasi umum yang harus dikenakan, waktu perjalanan, hingga tarif yang harus dibayarkan.

3. Unduh aplikasi Myki

Selain memiliki bentuk kartu fisik dari Myki, traveler juga tak boleh lewatkan untuk mengunduh aplikasinya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk memeriksa saldo Myki, membeli tiket, dan melacak perjalanan yang telah direncanakan.

4. Perhatikan zona Myki

Kartu Myki tak hanya memudahkan akses ke transportasi publik di Melbourne, tetapi juga penting untuk memahami zona Myki agar terhindar dari denda.

Pilihlah zona yang sesuai dengan tujuan perjalanan saat membeli tiket. Dengan memahami zona Myki, traveler dapat menikmati perjalanan yang lancar dan hemat biaya di Melbourne.

5. Validasi kartu Myki

Validasi kartu Myki saat menggunakan transportasi publik di Melbourne bukan hanya kewajiban, tetapi juga kunci untuk perjalanan yang nyaman dan aman. Dengan melakukan validasi traveler dapat dikenakan tarif yang tepat, terhindar dari denda, dan mendukung sistem transportasi publik.

Selain itu, validasi membantu perencanaan perjalanan yang lebih akurat dan mencegah penyalahgunaan kartu. Jadi, jangan lupa luangkan waktu beberapa detik untuk memvalidasi kartu Myki di setiap moda transportasi untuk menikmati perjalanan yang lancar dan tanpa rasa khawatir di Melbourne.

6. Hindari jam sibuk

Menjelajahi Melbourne dengan transportasi umum memang mudah dan efisien. Namun hindarilah jam sibuk untuk mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman.

Keramaian, keterlambatan, dan biaya tambahan adalah beberapa alasan utama untuk menghindari jam sibuk. Selain itu, bepergian di luar jam sibuk memungkinkan traveler untuk menikmati perjalanan yang lebih santai, dengan lebih banyak ruang dan kesempatan untuk merasakan suasana lokal Melbourne.

Transportasi publik dapat ramai pada jam sibuk, terutama di pagi dan sore hari. Dengan mengikuti tips ini, traveler dapat menjelajahi Melbourne dengan mudah dan nyaman, dan memanfaatkan semua yang ditawarkan kota yang indah ini.

Membagikan
Exit mobile version