Selasa, Juli 2

Jakarta

Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Karenanya, kesehatan jantung harus senantiasa dijaga untuk memelihara kesehatan secara keseluruhan.

Ketika jantung mulai tidak sehat, sebenarnya ada sejumlah tanda-tanda yang akan muncul. Namun, tanda jantung bermasalah kerap disepelekan atau tidak terdeteksi lantaran mirip dengan gejala penyakit lain. Akibatnya, tak sedikit orang yang merasa baik-baik saja, padahal jantungnya sudah bermasalah.

Lantas, apa saja tanda jantung bermasalah yang perlu diwaspadai? Dikutip dari berbagai sumber, berikut pembahasannya.


1. Nyeri dada

Nyeri dada adalah salah satu tanda jantung bermasalah yang paling khas. Kendati demikian, kondisi ini kerap disalahartikan sebagai gejala penyakit lain, seperti asam lambung naik atau GERD.

Perbedaannya adalah, nyeri dada yang disebabkan oleh penyakit jantung bisa muncul secara tiba-tiba saat beraktivitas, marah atau stres, dan akan hilang saat beristirahat.

Sedangkan, nyeri dada akibat GERD biasanya terjadi ketika seseorang telat makan atau makan terlalu cepat. Nyeri dada ini juga biasanya bertahan lebih lama, meski sudah beristirahat.

2. Pusing dan sakit kepala

Pusing dan sakit kepala dapat muncul ketika seseorang mengalami aritmia. Aritmia adalah gangguan irama jantung yang membuat jantung berdetak terlalu lambat, cepat, atau bahkan tidak beraturan.

Pada beberapa kasus, aritmia juga bisa menyebabkan penurunan kesadaran hingga pingsan.

3. Sesak napas

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda jantung bermasalah. Biasanya, orang yang memiliki masalah jantung akan mengalami sesak napas saat melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan atau mendaki.

Selain itu, sesak napas juga bisa terjadi di malam hari dan menyebabkan susah tidur.

4. Kelelahan tanpa sebab

Kelelahan sebenarnya adalah kondisi umum yang bisa dipicu berbagai macam faktor. Namun, jika kelelahan muncul secara mendadak dan terus menerus, maka patut diwaspadai karena bisa menjadi tanda jantung bermasalah.

Jika kelelahan disertai tanda jantung bermasalah lain, seperti nyeri dada atau sesak napas, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.

5. Keringat dingin

Keringat dingin yang keluar di malam hari juga bisa menandakan jantung sedang tidak sehat. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada pembuluh darah.

Ketika pembuluh darah rusak atau mengalami penyumbatan, darah tidak bisa mengalir dengan lancar. Untuk mengatasi hal tersebut, jantung akan memompa lebih keras agar darah bisa melewati pembuluh yang bermasalah.

Proses ini dapat meningkatkan suhu di dalam tubuh. Sebagai kompensasi, tubuh kemudian akan mengeluarkan lebih banyak keringat untuk menurunkan suhu tersebut.

6. Batuk berkepanjangan

Batuk juga bisa menjadi tanda jantung bermasalah, apalagi batuk yang sifatnya berkepanjangan atau tak kunjung berhenti.

Hal ini dapat terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan efektif. Akibatnya, darah mengalir ke pembuluh yang berada di paru-paru. Hal ini akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah tersebut, sehingga menyebabkan cairan masuk ke alveoli paru-paru. Penumpukan cairan inilah yang kemudian memicu gejala batuk-batuk, yang disertai dahak berwarna kemerahan.

(ath/kna)

Membagikan
Exit mobile version