Selasa, Juli 2

Jakarta

Undian round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah selesai digelar. Berikut deretan pelatih di Grup C, yang ada Indonesia.

Di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024), drawing grup round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 berlangsung. Indonesia masuk ke Grup C, bersama Jepang, Austalia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Pelatih-pelatih ternama menangani tim-tim di Grup A. Di bawah ini uraiannnya.


Pelatih Timnas di Grup C Round Kualifikasi Piala Dunia 2026

1. Hajime Moriyasu

Hajime Moriyasu sudah menangani Timnas Jepang sejak 2018. Dia sudah mencatatkan 81 pertandingan dengan rekor 56 kali menang, 10 kali imbang, dan 15 kali menelan kekalahan.

Satu gelar juara sudah dipersembahkan Moriyasu untuk Jepang. Samurai Biru diantarkan menjadi kampiun EAFF E-1 Football Championship atau Piala AFF-nya negara Asia Timur pada 2022.

Moriyasu juga sudah sukses mengantarkan Jepang lolos ke Piala Dunia 2022. Di Level klub, Moriyasu menjuarai JLeague 1 bersama Sanfrecce Hiroshima sebanyak tiga kali pada 2012, 2013, dan 2015.

2. Graham Arnold

Timnas Australia ditangani oleh Graham Arnold. Juru taktik 60 tahun itu malang melintang di sepakbola Australia.

Dua sudah menangani lima klub berbeda di kancah sepakbola negeri Kangguru, sekali merantau ke Jepang saat menangani Vegalta Sendai pada 2014.

Arnold sudah menangani Australia sejak 2018. Dia mencatatkan 55 pertandingan dengan rekor 37 kali menang, enam kali ibang, dan 12 kali menelan kekalahan.

Arnold mencatatkan rekor dengan mengantarkan Australia lolos ke Piala Dunia dengan memenangi 11 pertandingan di Kualifikasi. Australia pun meraih tiket ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pelatih Timnas Australia, Graham Arnold. Foto: Thananuwat Srirasant/Getty Images

3. Roberto Mancini

Roberto Mancini menjadi pelatih paling ternama di Grup C. Eks pelatih Timnas Italia dan Manchester City itu kini menangani Arab Saudi.

Arab Saudi memang sedang homi mendatangkan nama besar d sepakbola. Mancini diikat kontrak menjadi pelatih 27 Agustus 2023.

Sebanyak 17 pertandingan sudah dijalani oleh Mancini bersama Green Falcons. Rinciannya, Arab Saudi dibawa Mancini menang delapan kali, ibang lima kali, dan kalah empat kali.

Prestasi tertinggi di level sepakbola internasional ditorehkan Roberto Mancini pada saat mengantarkan Italia menjadi juara Euro 2020.

4. Dragan Talajic

Timnas Bahrain ditangani oleh Dragan Talajic di round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia sudah menukangi Dilmun Warriors sejak 20 Februari 2024.

Sejauh ini, Talajic baru mencatatkan empat pertandingan bersama Bahrain. Hasilnya, Bahrain belum pernah kalah dengan catatan dua kali menang dan dua kali imbang.

Dalam kariernya sebagai pelatih, Talajic banyak malang melintang di Timur-Tengah, Thailand dan China.

Prestasi terbaik yang pernah diraih Talajic saat mengantarkan Al Ittihad menjadi juara Liga Champions Asia pada 2004.

5. Branko Ivankovic

Branko Ivankovic menjadi juru taktik China di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia menjadi pelatih China selepas Piala Asia 2023.

Sejak Februari 2024, Ivankovic sudah menjalani empat pertandingan. Hasilnya, China dibawa menang sekali, dua kali imbang, dan sekali tumbang.

Masa keemasan Ivankovic didapat saat menangani Timnas Iran. Dia berhasil mengantarkan Iran lolos ke Piala Dunia 2006 dan finis ketiga di Piala Asia 2004.

6. Shin Tae-yong

Indonesia masih akan bersama Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga. Bersama Indonesia, kochi-nim Korea Selatan itu sudah mencatatkan beberapa sejarah.

Di Piala Asia, Indonesia sudah dibawa untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur. Laju Indonesia sampai round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 juga menjadi yang kali pertama.

Bersama Shin Tae-yong, Indonesia sudah menjalani sebanyak 47 pertandingan. Hasilnya, Indonesia menorehkan 24 kemenangan, 10 hasil imbang, dan kalah 13 kali.

(cas/aff)

Membagikan
Exit mobile version