Minggu, Oktober 13


Jakarta

Pepaya adalah buah tropis yang punya segudang manfaat sehat. Namun pepaya tak bisa dikonsumsi semua orang. Enam orang dengan kondisi ini tak disarankan makan pepaya karena sejumlah alasan.

Pepaya banyak disukai orang Indonesia karena teksturnya lembut, rasanya manis, dan harganya relatif terjangkau. Pepaya sudah enak dimakan begitu saja atau ditambahkan sedikit gula pasir dan perasan jeruk nipis dalam kondisi dingin.

Konsumsi pepaya baik untuk tubuh. Mengutip dari Medical News Today, pepaya mengandung vitamin A, B, C, E, dan K, juga sejumlah mineral seperti magnesium, tembaga, kalsium, dan kalium. Kandungan serat pada pepaya pun manjur mengatasi sembelit.


Selain itu, karena kandungan kalorinya rendah, pepaya cocok dijadikan makanan selingan buat yang sedang diet.

Di balik sejumlah keunggulan pepaya, nyatanya tidak semua orang bisa mengonsumsi pepaya. Enam kelompok ini perlu mempertimbangkan alternatif buah lain yang lebih aman tanpa mendatangkan masalah kesehatan.

Berikut daftarnya:

1. Ibu hamil

Ibu hamil perlu menghindari makan pepaya belum matang atau setengah matang. Seperti dikutip dari Healthshots, pepaya belum matang penuh bisa bersifat pencahar dan memicu kontraksi rahim.

Selain itu, jika ibu memiliki riwayat keguguran, disarankan untuk menghindari pepaya.

2. Penderita batu ginjal

Foto: iStock

Pepaya tinggi kandungan vitamin C. Buat penderita batu ginjal, perlu menghindari atau membatasi konsumsi pepaya sebab terlalu banyak vitamin C justru bisa memperburuk kondisi penyakit.

3. Alergi lateks

Pepaya memiliki beberapa jenis alergen atau pemicu alergi berupa protein. Protein yang bisa memicu alergi antara lain papain, chymopapain, carcaine, dan kitinase.

Orang dengan alergi lateks kemungkinan besar alergi terhadap pepaya. Kalau Anda memiliki alergi terhadap lateks, maka sebaiknya hindari makan pepaya atau produk turunan pepaya.

4. Orang dengan masalah jantung

Foto: Getty Images

Pepaya mengandung papain yang dianggap dapat memperlambat detak jantung. Tak heran banyak ahli meyakini orang dengan masalah jantung perlu menghindari pepaya.

5. Penderita hipotiroid

Hipotiroid merupakan kondisi saat tubuh tidak memproduksi cukup hormon tiroid. Hormon tiroid berfungsi mengendalikan pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme.

Konsumsi pepaya bisa memperparah kondisi penderita hipotiroid.

6. Penderita hipoglikemia

Foto: iStock

Buat penderita hiperglikemia alias gula darah tinggi, pepaya adalah buah yang aman dikonsumsi sebab membantu mengatur gula darah. Sebaliknya, buat orang hipoglikemia atau gula darah rendah, pepaya bukan pilihan yang baik.

Menukil dari Times of India, pepaya punya efek anti-hipoglikemik atau penurun gula darah. Jika makan pepaya, maka gula darah pada penderita hipoglikemia bisa semakin anjlok hingga timbul sejumlah gejala seperti kebingungan, gemetar, dan detak jantung cepat.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul Banyak Manfaat, Tapi Pepaya Tak Dianjurkan buat 6 Kelompok Ini

(adr/adr)

Membagikan
Exit mobile version