Jumat, Oktober 25


Jakarta

Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat adalah salah satu spot favorit turis lokal maupun mancanegara. Banyak turis singgah untuk bermain dengan ombak, alias berselancar.

Salah satu tokoh internasional yang sempat mampir ke Kepulauan Mentawai adalah vokalis Red Hot Chilli Peppers (RHCP) Anthony Kiedis. Dia mengunggah pengalaman itu beberapa waktu lalu. Dari fotonya terlihat Kieds tengah bersantai sambil merokok dan bertelanjang dada pada Selasa (16/4/2024).

Di mana Mentawai dan apa saja yang membuat kawasan itu menjadi jujugan turis globlal?


Berikut fakta unik Kepulauan Mentawai:

1. Nyaris 100 Pulau

Kendati masuk dalam wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai terletak di luar wilayah Pulau Sumatera. Tepatnya di barat daya Pulau Sumatera dan langsung menghadap ke Samudera Hindia.

Mentawai terdiri dari empat pulau utama, yakni Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan. Berdasarkan UU RI No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau -Pulau Kecil, selain empat pulau utama tersebut terdapat juga 95 pulau kecil lainnya di Kabupaten Mentawai.

2. Sejarah Kepulauan

Saat masa awal kemerdekaan, kepulauan tersebut masuk dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Namun, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.49 Tahun 1999, Kepulauan Mentawai akhirnya menjadi kabupaten tersendiri.

3. Destinasi Surfing Dunia

Mengutip detikSumut, Mentawai dikenal memiliki keindahan laut dan wisata bahari. Tak ayal Mentawai dikenal dunia sebagai spot favorit untuk aktivitas surfing.

Salah satu yang terkenal adalah Pantai Mapadegat yang memiliki daya tarik hamparan pasir putih dan air laut jernih. Pantai itu berada di Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Pulau Sipora, Mentawai.

Pantai itu juga dikenal sebagai salah satu spot dengan ombak surfing kelas dunia.

4. Surga Penyelam

Tak hanya surfing, aktivitas wisata bahari di sana pun juga jadi unggulan, seperti misalnya snorkeling ataupun diving.

Melansir berbagai sumber, salah satu tempat menyelam yang dapat traveler kunjungi misalnya di Pulau Awera, Desa Tuapejat, Sipora Utara, Mentawai. Adapun Pulau Awera banyak dikunjungi para penyelam karena memiliki keindahan bahari yang memanjakan mata.

5. Rumah Satwa Endemik

Kepulauan Mentawai masih memiliki beberapa bagian pulau yang asri. Tak ayal tempat itu pun menjadi rumah satwa endemik termasuk primata unik.

Primata endemik yang hidup bebas di sana seperti misal bilou atau siamang kerdil, beruk mentawai, lutung mentawai, hingga monyet ekor babi.

6. Tradisi Tato Tertua di Dunia

Salah satu hal terunik di Kepulauan Mentawai adalah tradisi tato yang disebut sebagai tertua di dunia.

Masyarakat Suku Mentawai mengenal tato sebagai titi atau titik. Tradisi itu menjadi simbol mulai dari tanah asal, status sosial, hingga seberapa hebat mereka dalam berburu.

Tinta yang digunakan untuk merajah tubuh berasal dari arang kayu yang dihaluskan dan dicampur perasan tebu. Sedangkan jarum yang digunakan berasal dari duri tanaman.

(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version