Selasa, September 17

Jakarta

Konsumsi kopi banyak disebut membahayakan wanita dengan beberapa alasan. Ternyata ini penjelasan fakta dan mitosnya. Jangan sampai keliru, ya!

Sensasi menyegarkan yang dihadirkan dengan konsumsi kopi dapat dinikmati tanpa memandang jenis kelamin. Dahulu, awalnya kopi identik dengan para pria dewasa tetapi kini wanita juga tak kalah handal dalam mencicip maupun meracik kopi.

Sayangnya masih banyak mitos dan fakta yang beredar terkait konsumsi kopi pada wanita. Ada sebagian yang mengatakan tak ada efek samping berbeda untuk para pria.


Sementara sebagian lainnya mengatakan kopi dapat memberikan beberapa pengaruh pada wanita. Ternyata ahli kesehatan melalui Java Presse telah menggolong mitos dan fakta yang boleh dipercaya maupun untuk ditinggalkan.

Baca juga: Kacau! Tamu Hotel Bintang 5 Sempat Kritis Gegara Keracunan Makanan

Berikut ini mitos tentang efek kopi pada wanita:

Kandungan pada kopi memiliki mitos dapat memicu kanker payudara. Foto: Getty Images/Deagreez

1. Memicu kanker payudara

Terlalu sering konsumsi kopi pada wanita disebut dapat memicu perkembangan kanker payudara. Padahal pernyataan ini dibantah total oleh ahli kesehatan dan para peneliti.

Banyak penelitian yang tidak menemukan hubungan signifikan antara kopi dan kanker payudara. Faktanya kandungan kafein dan antioksidan pada kopi justru dapat menangkal beberapa jenis perkembangan sel kanker.

2. Memengaruhi kesuburan

Beberapa penelitian ahli berusaha menguak mitos yang menyebut kopi dapat memengaruhi kesuburan wanita. Padahal yang harus diperhatikan adalah endapan kafein yang tidak hanya datang dari konsumsi kopi.

Konsumsi kopi dengan kadar yang aman, setidaknya 3-4 cangkir per hari, tidak terbukti dapat membuat wanita mengalami penurunan kesuburan. Tetapi perlu bagi seorang wanita untuk berkonsultasi kebiasaannya minum kopi jika ingin menjalani program memiliki keturunan.

3. Menyebabkan osteoporosis

Untuk membuktikan isu yang menyebut bahwa kopi memicu osteoporosis ada banyak penelitian yang dilakukan ahli. Sebagian dari penelitiannya menyebut bahwa kopi dapat mengurangi kepadatan tulang.

Sementara pada penelitian lainnya para ahli tak menemukan hubungan antara keduanya. Salah satunya seperti pada American Journal Clinical Nutrition yang gagal menemukan hubungan konsumsi kopi dengan risiko osteoporosis.

Fakta minum kopi pada wanita ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Melihat Toko Kopi Bis Kota yang Legendaris di Pasar Jatinegara
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version