Minggu, Juni 30


Jakarta

Ular tidak hanya meneror lingkungan sekitar rumah, melainkan juga ruang mesin mobil dan bagian dalam motor. Hal ini terjadi karena karakteristik ular yang menyukai tempat gelap.

Jika ular yang bersarang di mesin mobil tidak segera ditangani, dapat menimbulkan korsleting dan kebakaran. Ular juga bisa membahayakan pengendara dan penumpang mobil apabila bersembunyi di area bagasi.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga kebersihan untuk menghindari ular tidak masuk mobil. Berikut cara mencegah dan mengusir ular yang terlanjur bersarang di mobil.


Alasan Ular Bisa Masuk Mobil

Menurut Erik Hendryana, perawat reptil di Museum Komodo Jagat Satwa TMII, ular bisa masuk ruang mesin mobil dari bagian bawah saat musim hujan. Ular mencari tempat yang aman dan hangat untuk mengatur suhu tubuhnya.

Ruang tertutup di mesin mobil membuat ular tertarik untuk masuk karena dianggap aman dari pemangsa besar. Hangatnya mesin mobil memberikan kenyamanan kepada ular yang sama seperti paparan sinar matahari.

Beberapa lokasi favorit ular untuk bersembunyi yaitu.

  1. Bawah kap mesin mobil
  2. Bawah kabin (kolong jok, ruang kompartemen, dan dasbor) mobil
  3. Bagasi mobil.

Cara Mencegah Ular agar Tidak Masuk Mobil

1. Rajin Membersihkan Mobil

Mencegah ular agar tidak masuk mobil dapat dimulai dengan rajin membersihkannya. Bagian interior seperti bagasi dan kabin serta jalan keluar masuknya ular seperti ban perlu dibersihkan secara berkala. Pasalnya ular termasuk hewan nomaden yang akan berpindah ketika wilayahnya sering dijangkau manusia.

2. Memberikan Pewangi saat Membersihkan Mobil

Ular tertarik dan bisa masuk mobil karena mencium bau kencing dan kotoran tikus. Sebagai target mangsanya, pemilik mobil harus rajin membersihkan area mobil dengan memberikan wewangian di area favorit ular bersarang. Bau menyengat dari karbol atau cuka juga diklaim efektif untuk mengusir ular.

3. Parkir di Area Bersih dan Kering

Hindari area parkir yang lembab dan berdekatan dengan semak-semak basah. Pastikan tidak memarkir kendaraan dalam waktu lama saat di luar, khususnya jika kondisi mesin masih menyala. Sebab hal ini akan menarik ular untuk singgah di dalam mobil.

4. Tutup Seluruh Bagian Mobil saat Parkir

Sebagai bentuk pencegahan, pastikan selalu menutup semua akses jalan keluar masuknya ular. Jangan biarkan jendela, bagasi, pintu, dan kap mesin terbuka terlalu lama saat parkir kecuali dalam pengawasan.

5. Bersihkan Garasi secara Rutin

Area garasi yang bersih dapat meminimalisir keberadaan tikus. Membasmi tikus dengan cara ini dapat mengurangi potensi masuknya ular ke area rumah dan mobil.

6. Pelihara Hewan yang Bisa Mengusir Ular di Rumah

Hewan peliharaan tertentu seperti kucing atau anjing ternyata bisa menjadi pengusir ular yang efektif. Kepekaannya yang lebih tinggi akan membantu pemilik kendaraan mengetahui tanda awal kemunculan ular di area rumah.

Cara Mengusir Ular yang Terlanjur Masuk Mobil

Pemilik mobil harus waspada jika menemukan kulit, kotoran, atau muntahan makanan di area mobil. Sebab ular sering meninggalkan jejak meskipun tidak terlihat keberadaannya secara fisik.

Kulit ular yang tertinggal di area mobil adalah tanda jika reptil berdarah dingin tersebut sudah bersarang lama. Lalu bagaimanakah tips mengusir ular yang terlanjur masuk mobil?

drh Rudal Jetta menyebut jika ular tidak menyukai bau yang menyengat. Meletakkan kapur barus di area bersarangnya ular dapat menjadi langkah pertama untuk mengusir ular dari bagasi atau jok bawah mobil.

Akan tetapi jika ular bersarang di ruang mesin mobil, segera hubungi profesional untuk mengevakuasinya dengan peralatan khusus. Sebab tindakan dengan bahan atau cairan tertentu di area mesin berisiko terhadap performa kendaraan.

Demikian cara tepat mencegah ular bersembunyi dan bersarang di mobil. Jangan semena-mena mengusirnya karena ular hanya akan keluar saat kondisinya dirasa aman. Ular yang merasa terancam akan menggigit atau menimbulkan masalah lain yang berbahaya bagi orang yang menanganinya.

(fds/fds)

Membagikan
Exit mobile version