Sabtu, Oktober 19

Jakarta

Berdasarkan laporan terbaru Consumer Intelligence Research Partner (CIRP), banyak orang di Amerika Serikat berbondong-bondong meninggalkan handphone (HP) Android dan beralih menggunakan iPhone.

Dilaporkan sebanyak 17% pembeli iPhone di Amerika Serikat hingga Juni 2024 sebelumnya adalah pemakai Android. Angka tersebut menjadi yang tertinggi sejak lima tahun terakhir. Ada sejumlah alasan yang mendasari hijrahnya pengguna Android ke iPhone. Apa saja?

Alasan Pengguna Android Beralih ke iPhone

Dalam laporannya, CIRP menyimpulkan empat alasan perpindahan pengguna HP Android ke iPhone, yaitu:


1. Masalah di Ponsel Sebelumnya

HP lama sudah tidak berfungsi karena sudah tua, perlu diservis, atau memiliki sejumlah kekurangan yang mempengaruhi pengalaman penggunaannya.

2. Fitur Baru

User menginginkan cara berbeda saat menggunakan smartphone, seperti merasakan kualitas kamera yang lebih baik, opsi aksesori yang beragam, hingga pengalaman antarmuka pengguna yang lebih intuitif

3. Biaya

Pengguna bisa mengeluarkan lebih sedikit uang untuk membeli iPhone keluaran baru daripada membeli ponsel pintar Android yang sebanding harganya.

4. Terhubung dengan Komunitas

User menginginkan smartphone yang bisa terintegrasi dengan keluarga dan teman dekat dengan menggunakan iMessage dan FaceTime di iOS

Alasan Lain Pengguna Android Beralih ke iPhone

Dilansir Android Authority, alasan pengguna Android yang berpindah ke iPhone juga bisa dikarenakan:

Ekosistem Apple yang Lebih Baik

Pengguna bisa jadi membeli produk Apple seperti iPad. Dengan membeli iPhone juga, user jadi memiliki beberapa perangkat dari merek berlogo buah apel tergigit itu. Sehingga kini ia berada dalam ekosistem Apple yang disebut-sebut lebih baik dari Android.

Sedikit Peningkatan pada HP Android

User yang hijrah ke iPhone juga mungkin sudah tidak tertarik dengan jajaran ponsel Android terbaru. Sebab sebagian HP contohnya Samsung keluaran terbaru hanya mengalami sedikit peningkatan dari tipe sebelumnya. Sehingga pengguna tidak cukup tergugah untuk membeli Android kembali.

Dalam laporan terpisahnya, CIRP mengungkap pengguna Android yang beralih bukan dikarenakan tertarik iPhone 15 yang kala itu menjadi seri terbaru Apple. Namun sebagian besar mereka justru memilih iPhone versi lama seperti tipe 14 dan 14 Plus. Disusul, iPhone 13 dan iPhone SE.

(azn/row)

Membagikan
Exit mobile version