Jumat, September 13


Jakarta

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berencana untuk mencetak sawah sebesar 500 ribu hektare (Ha) di lahan rawa Kalimantan Tengah. Dia mengatakan sawah tersebut khususnya akan dibangun di dekat irigasi yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR.

“Kami siapkan Kalimantan Tengah 500 ribu ha,” kata dia dalam video yang diunggah Instagram resmi @kementerianpertanian, dikutip Jumat (23/8/2024).

Amran mengatakan rencana tersebut untuk menjadikan Kalimantan Tengah lumbung pangan nasional. Ia mengatakan pemerintah juga akan membantu untuk penanaman dan anggarannya dari negara.


“Ini digunakan uang negara, jadi lahan sawah itu harus kita bangun, kita jadikan lumbung pangan Indonesia, Kalimantan Tengah. Aku lihat kalau ada yang masih ada potensi terbengkalai, belum ada tanaman, Insyaallah kita tanami, negara tanami, anggaran dari pemerintah,” jelas dia.

Selain itu menjadikan tempat lumbung pangan Indonesia, 500 ribu ha lahan sawah itu direncana juga untuk memproduksi kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kemudian harapannya, penambahan lahan sawah juga diiringi dengan percepatan tanam guna meningkatkan produktivitas pertanian dan mencapai swasembada pangan.

“Pemerintah tengah berencana mencetak sawah seluas 500 ribu hektare di lahan rawa Kalimantan Tengah, sebagai dari upaya membangun lumbung pangan yang akan mensuplai kebutuhan pangan Ibu Kota Negara,” tulis kutip dari Instagram @kementerianpertanian.

(ada/kil)

Membagikan
Exit mobile version