Minggu, Oktober 13


Jakarta

Museum Nasional Indonesia akan buka kembali untuk publik 15 Oktober 2024. 50 Ribu orang tercatat sudah antre untuk masuk museum tersebut.

Setelah terjadinya kebakaran, banyak masyarakat yang disebut antusias untuk mendatangi dan melihat wajah baru dari Museum Nasional Indonesia (MNI). Terlebih setelah proses revitalisasi museum tersebut memiliki beberapa fasilitas dan inovasi baru.

Namun, saat ini pihak Indonesian Heritage Agency (IHA) belum mau membeberkan perihal target pengunjung ke depannya, kendati antusiasme masyarakat sudah terlihat.


“Mungkin saya hitung dulu nanti kita umumkan ya. Soalnya yang sudah mendaftar saja sekolah dan itu saja sudah 50 ribuan yang sudah kita hitung ingin berkunjung,” imbuh Plt Kepala Indonesian Heritage Agency (IHA) Ahmad Mahendra di Ruang Teater Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Mahendra menjelaskan antrean pengunjung yang ingin masuk akan terbagi dalam beberapa hari kunjungan. Melihat antusiasme tersebut, pihaknya pun berencana ingin membuat antrean tiket terbatas layaknya war tiket artis internasional.

Selain itu, batasan kuota tersebut diberlakukan agar kunjungan dapat kondusif dan menghindari kerusakan.

“Itu nggak tahu berapa hari, saya akan bikin seperti artis dunia Taylor Swift gitu ya, war tiket. Kuota kita (karena) hanya dua ribu. Karena ini aja yang daftar ada 50 ribu, boleh ya,” ucapnya.

“Biar orang masyarakat terpacu adrenaline-nya untuk soal warisan budaya kita. Ini akan saya coba gitu. Tapi tentu kalau undangan yang inklusif khusus kita berlakukan, makanya ada kuota yang khusus pembelian tiket itu akan kita batasi karena kita nggak mau merusak. Itu akan kita hitung,” tambah dia.

Namun pihaknya akan mengumumkan lebih lanjut terkait batasan pengunjung hingga pengaturan tiket pada Sabtu (12/10/2024). Untuk sementara, terdapat kenaikan harga tiket kunjungan ke Museum Nasional Indonesia.

Harga Tiket dan Waktu Operasional

Jika sebelumnya biaya masuk sebesar Rp 20 ribu untuk dewasa, kini menjadi Rp 25 ribu per orang. Sedangkan tiket masuk anak-anak saat ini menjadi Rp 15 ribu.

Untuk waktu operasional museum pada Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Namun begitu, MNI menyebut juga akan mengadakan Night at Museum di waktu-waktu tertentu.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version