Minggu, September 8

Jakarta

Saat membuat masakan tertentu, penambahan air diperlukan. Air dapat membuat masak lebih praktis dan rasa masakan lebih enak dengan mengikuti 5 trik ini!

Dalam dunia masak, air tidak sekadar direbus. Penambahan air dalam masakan sebenarnya tidak kalah penting. Air dapat membantu memasak pasta, membuat sup, semur, mengukus sayuran, sampai menghidrasi adonan roti.

Air pun dapat menjadi kunci dalam membuat masakan lebih lezat. Misalnya, digunakan untuk meningkatkan rasa, mengawetkan makanan, atau meningkatkan kerenyahan makanan.


Oleh karena itu, jangan sepelekan penambahan air dalam setiap masakan. Sebab, air dapat membuat masakan lebih enak dan proses memasak lebih praktis.

Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang perlu penambahan air agar makin enak, simak 5 trik yang dilansir dari mashed.com (18/03) berikut ini:

1. Air untuk merendam sayur agar lebih renyah

Secara sederhana, merendam sayuran dalam air bisa membuatnya lebih renyah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Pohranychnyi

Salah satu trik paling sederhana yaitu menggunakan air untuk merendam sayuran yang sudah dipotong atau diiris tipis. Trik merendam sayuran ini dapat menghasilkan sayur renyah dan rasanya lebih ‘keluar’.

Teknik sederhana ini berhasil karena sayuran yang sudah dipotong atau diiris pasti kandungan airnya menghilang. Hilangnya air itu menyebabkan dehidrasi, dan kamu akan mendapat sayuran lemas dan kering.

Dengan memasukkannya ke dalam rendaman air, sayuran dapat terhidrasi. Cara ini mengembalikan air yang hilang dan menghasilkan sayuran yang jauh lebih renyah.

Trik ini paling efektif untuk sayuran yang awalnya memiliki tekstur renyah dan kamu ingin mempertahankan tekstur tersebut.

Bisa dipakai untuk merendam sayur wortel, lobak, mentimun, sampai kacang hijau.

Untuk hasil terbaik, kamu bisa merendam sayur beberapa jam sampai semalaman. Gunakan juga air dingin atau air es. Simpan rendaman air isi sayur di dalam kulkas.

2. Tambahkan air rebusan pasta ke dalam saus pasta

Air bekas rebusan pasta juga berguna membuat saus pasta menjadi lebih enak. Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Pohranychnyi

Air rebusan pasta jangan dibuang begitu saja. Sisihkan sebagian karena air ini mampu membuat saus pasta menjadi lebih lezat.

Ini adalah teknik klasik Italia yang umum, tetapi tidak boleh dilewatkan. Penambahan air rebusan itu berhasil membuat saus pasta enak, karena air pasta penuh dengan pati.

Meskipun airnya keruh dan tidak terlihat menggugah selera, tekstur saus akan menjadi lebih kental.

Saat saus pasta dimasak, ambil air rebusan secukupnya. Tambahkan ke saus secara bertahap, sampai kekentalan yang diinginkan.

Air pasta awalnya memang membuat saus menjadi lebih encer, tetapi juga akan memicu emulsifikasi. Proses ini akhirnya membuat saus menjadi lebih kental dan enak.

Trik memasak dengan air lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version