Jakarta –
Tahun 2024 diramaikan oleh tren kopi yang begitu dinamis. Setidaknya ada beberapa tren kopi yang tercatat mulai dari specialty hingga gunakan susu nabati.
Di Indonesia kopi menjadi minuman yang populer seiring bermunculannya banyak toko kopi dan roastery. Akses untuk mendapatkan kopi yang berkualitas dan enak rasanya semakin mudah untuk dijangkau penggemarnya.
Kopi juga dipengaruhi oleh tren dan daya minat masyarakat, maka tak heran ketika popularitasnya meningkat trennya ikut menjadi lebih dinamis. Sepanjang tahun 2024 diramaikan oleh beberapa tren kopi yang populer baik di media sosial maupun di kafe.
Para pengamat industri kopi mencatat setidaknya ada lima jenis tren yang dapat dikelompokan dari kopi. Mulai dari tingginya minat terhadap specialty coffee hingga berbagai racikan alternatif yang tak kalah enak.
Berikut ini 5 tren kopi yang populer sepanjang tahun 2024 menurut Beverage Daily:
Kopi yang mengutamakan kualitas rasa biji kopinya tampak meningkat popularitasnya sepanjang 2024. Foto: Getty Images/Dejan_Dundjerski
|
1. Specialty Coffee
Survey yang dilakukan pada bulan April 2024 oleh National Coffee Association, menunjukkan bahwa 57% orang dewasa di Amerika Serikat mulai bergerak ke arah kopi specialty. Secara umum kopi specialty dapat dikatakan sebagai racikan kopi yang mengutamakan kualitas dan pengalaman menikmati rasa kopi yang premium.
Tak hanya di Amerika Serikat tetapi pengamatan tersebut seolah diamini oleh beberapa pengamat dari negara lain juga. Kini para pelaku industri kopi lebih mengutamakan ekosistem yang terikat dari hulu hingga hilir.
“Kopi specialty dapat hadir secara konsisten melalui dedikasi orang-orang yang ingin memprioritaskan kualitas dalam hidupnya,” kata juru bicara penelitian. Banyak kini lebih mempertimbangkan kesejahteraan petani, pembeli kopi, roaster, hingga barista.
2. Meningkatkan produk Ready to Drink
Demi memudahkan para pelanggan dan penikmat kopi, banyak produk kopi yang kemudian dikembangkan dengan cara berbeda. Pengemasan ready to drink (RTD) atau produk kopi siap diminum ikut berkembang pada 2024.
Mulai dari es kopi, kopi dingin, hingga kopi nitro bisa ditemukan di mana pun. Menurut pengamat, peminum kopi gen Z menjadi konsumen produk ready to drink yang paling tinggi.
Contohnya dapat dilihat dari kehadiran beberapa produk RTD yang dihadirkan oleh kafe-kafe. Sehingga pelaku bisnis juga melihat produk RTD menjadi cara untuk meminimalisir kegagalan penjualan di masa depan.