Kamis, Oktober 3

Jakarta

Merasa bersalah gegara konsumsi banyak gula? Ada beberapa tips yang bisa ditiru untuk atasi dan cegah efek sampingnya.

Konsumsi gula selagi dilakukan dalam batas yang aman tidak akan menjadi masalah besar. Tetapi banyak orang kesulitan untuk mengetahui kapan dirinya harus berhenti saat menyantap makanan manis.

Rasa manis yang legit di lidah dan gula-gula tersembunyi di dalam makanan maupun minuman menjadi hal yang harus diwaspadai. Maraknya tren dessert hingga racikan es kopi susu gula aren juga dapat menjadi sumber masuknya gula secara berlebihan ke dalam tubuh.


Seringkali banyak yang juga merasa menyesal setelah konsumsi gula terlalu banyak. Ternyata ada tips yang disarankan oleh ahli jika ingin mencegah efek samping gegara kebanyakan konsumsi gula.

Baca juga: Lagi-lagi, Gegara Review Food Vlogger Sebuah Warung Rawon Tutup

Berikut ini 5 tips yang harus dilakukan usai banyak makan manis melansir The Healthy:

Lemak dan protein dalam kacang dapat mencegah proses pencernaan gula terlalu cepat. Foto: Getty Images/iStockphoto/rezkrr

1. Konsumsi selai kacang

Setelah konsumsi banyak makanan manis tentu rasanya hendak membuang semua kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi ada cara lain yang lebih ampuh jika diterapkan usai makan terlalu banyak gula.

Selai kacang yang biasanya hanya sebagai pendamping roti ternyata dapat diandalkan. Alasannya terdapat pada kandungan lemak dan proteinnya yang membantu pencernaan.

“Satu sendok makan selai kacang atau segenggam kacang cocok untuk menjadi asupan lemak dan protein yang memperlambat pencernaan,” kata Jennifer Bolton selaku professor gizi.

2. Minum teh lemon

Jika kamu terbiasa mengonsumsi minuman sebagai pencuci mulut usai makan enak, upayakan untuk ganti racikannya. Setelah banyak makanan manis, minuman yang paling disarankan adalah campuran teh dan lemon.

Teh, khususnya teh hijau, dan lemon keduanya memiliki efek diuretik. Setelah mengonsumsi minuman ini kamu akan lebih sering ke kamar mandi dan buang air kecil.

Amanda Bontempo selaku ahli gizi mengatakan bahwa cara ini cukup ampuh mengatasi asupan gula berlebihan. Walaupun tidak langsung membuang gula berlebih tetapi dapat menekan hormon metabolisme bernama leptin.

Agar lebih maksimal, ikuti tips lainnya di halaman berikutnya.

Simak Video “ Ahli Gizi Beri Aturan Konsumsi Gula Per Harinya untuk Cegah Diabetes
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version