Minggu, Oktober 27

Jakarta

Telur rebus yang matang sempurna bisa dimasak dengan beberapa cara. Seperti merebus dengan tambahan cuka hingga soda kue. Berikut tipsnya!

Telur rebus sering jadi pilihan makanan praktis. Karena rasanya enak dan dapat diolah jadi beragam lauk. Seperti telur balado, semur, salad, hingga gulai atau dimakan begitu saja.

Dilansir dari Tasting Table (23/10), untuk menyajikan olahan telur rebus yang enak, pastikan telur rebus matang sempurna. Bagian kuning telur matang tanpa garis kebiruan dan saat dikupas mulus. Untuk mendapatkan telur rebus yang sempurna, caranya juga tidak sulit.


Berikut 5 tips memasak telur rebus yang matang sempurna:

1. Jangan Pakai Telur yang Terlalu Segar

Telur yang masih terlalu segar ini dimaksudkan sebagai telur yang baru beberapa hari keluar dari induknya. Dalam memasak telur rebus, sebaiknya menggunakan telur yang lsudah berusia beberapa hari.

Telur yang lebih tua ini akan memudahkan ketika mengupas telur rebus. Selain itu, telur yang lebih tua akan memiliki bagian kuning telur yang lebih terpusat di bagian tengah.

Sebaiknya juga hindari telur yang terlalu tua. Karena, bagian kuning telur akan berubah warna abu-abu kehijauan dan bau belerang. Hal ini terjadi karena putih telur menjadi lebih basa seiring bertambahnya usia.

2. Tambahkan Soda Kue

tips masak telur rebus yang mudah dipraktekkan Foto: Getty Images/iStockphoto

Telur rebus yang mudah dikupas juga bisa menggunakan tips dengan menambahkan soda kue. Soda kue ini berfungsi untuk membuat pH telur lebih basa. Caranya dengan menambah 1/4 sendok teh soda kue ke dalam 500 ml air rebusan.

Sayangnya, menambahkan soda kue ke dalam air mendidih memengaruhi kimia telur dengan cara lain. Rasanya akan berubah sehingga telur akan terasa dan berbau tajam atau lebih bersulfur.

Simak Video “3 Rekomendasi Jajanan Hits di Barito
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version