Jumat, Oktober 4

Jakarta

Roll cake atau bolu gulung yang lembut dapat menjadi ide untuk suguhan lebaran. Berikut tips membuat roll cake anti gagal dari pastry chef Kevin Lee.

Menyambut lebaran tidak hanya bisa menyuguhkan kue kering yang renyah saja. Kue dengan adonan yang lembut dan empuk juga bisa menjadi alternatif sajian menyambut tamu yang datang ke rumah.

Salah satu kue yang cocok untuk menjadi suguhan saat lebaran, roll cake atau bolu gulung. Pastry chef Kevin Lee dari St. Regis Jakarta memberikan beberapa tips mudah untuk ditiru di rumah jika ingin membuat bolu gulung.


“Dari sekian banyak resep yang saya coba, saya merasa resep ini yang paling bagus dan minim gagal. Resepnya juga mudah untuk ditiru di rumah. Jadi kalau mau buat roll cake juga, bisa pakai resep ini,” ujar Kevin Lee kepada detikcom saat ditemui di St. Regis JAkarta (12/2).

Berikut ini 5 tips membuat roll cake ala pastry chef Kevin Lee:

Chef Kevin Lee ungkap tips membuat adonan roll cake anti gagal. Foto: detikcom

1. Bikin adonan mengembang sempurna

Setelah menyiapkan semua bahan sesuai resep, pastikan bahan-bahannya telah berada pada suhu ruang yang seharusnya. Masukkan satu persatu ke dalam mangkuk mikser dan aduk selama 15-20 menit hingga adonan mengembang sempurna dengan warna yang lebih pucat.

Pada wadah selanjutnya siapkan meringue atau campuran dari putih telur dan gula. Ketika akan membuat meringue pastikan untuk memasukkan gula atau pemanis secara berkala dan kocok hingga kaku serta tidak jatuh ketika wadahnya dibalik.

Ambil sedikit adonan meringue, masukkan ke dalam adonan berisi kuning telur dan tepung kemudian aduk dengan teknik folding atau lipatan perlahan hingga tercampur rata. Setelah tercampur, baru masukkan gabungkan kedua adonan. Cara ini sengaja dilakukan agar adonan meringue maupun adonan kuning telur tidak collapse.

2. Cara membuat krim isian

Tahap pertama untuk membuat vanilla chantilly sebagai isian roll cake dimulai dengan menyiapkan gelatin. Lembaran gelatin harus direndam dengan air dingin selama 15 menit hingga lunak dan siap digunakan.

Chef Kevin Lee memilih menggunakan vanilla segar untuk mendapatkan aroma dan rasa yang lebih kuat. Namun jika tidak tersedia bisa juga digantikan dengan essence vanilla yang biasanya dijual di toko-toko kue.

Campurkan semua bahan seperti krim cair, gelatin, vanilla, dan gula atau pemanis pada satu panci. Panaskan dengan api kecil hingga mendidih dan sisihkan. Setelah dingin, kocok dengan whipped cream hingga lembut dan mengembang.

Tips membuat roll cake lainnya ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Resep Japanese Roll Vanilla Cake Ala Chef Kevin Lee
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version