Kamis, Juli 4

Jakarta

Berasal dari Lampung, sambal seruit punya cita rasa pedas nendang. Di lima tempat makan ini ada menu sambal seruit yang rasanya bikin nagih.

Seruit merupakan makanan khas Lampung. Hidangan ini merupakan perpaduan antara ikan dan sambal. Bahan-bahan utamanya adalah ikan, sambal terasi, tempoyak (durian fermentasi), mangga, serta lalapan. Semuanya dicampur menjadi sambal beraroma khas. Rasanya yang asam, pedas, dan segar nikmat disantap bersama nasi hangat.

Istilah yang dipakai untuk merujuk makan seruit adalah ‘nyeruit’. Nyeruit berarti makan bersama keluarga maupun masyarakat dengan hidangannya berupa seruit. Hidangan seruit biasanya disantap bersama nasi, ikan pindang, dan lalapan sayuran. Lalapannya dapat berupa timun, petai, kemangi, kol, dan tomat.


Dengan sejumlah lauk yang ada dalam seruit, cita rasanya disebut ‘ramai’. Dalam artian, ada rasa pedas, asam, serta asin dalam satu hidangan.

Nah, bagi yang penasaran dengan cita rasa seruit kini tak perlu jauh-jauh ke Lampung. Di Jakarta dan sekitarnya ada beberapa tempat makan yang menyajikan sambal seruit enak. Berikut rekomendasinya.

1. Sambal Seruit Indonesia

5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih Foto: Site Culinary/Visual

Terletak di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ada Sambal Seruit Indonesia. Tempat makan ini bisa dibilang sebagai penyaji sambal seruit autentik pertama di Jakarta. Rasa sambal di sini mirip dengan sambal seruit di Lampung.

Semua bahan-bahan makanannya masih didatangkan langsung dari Lampung untuk menjaga keaslian rasanya. Salah satunya tomat rampai yang berukuran kecil dan masih jarang ditemukan di Jakarta.

Sementara untuk lauk pendamping makan sambal seruit ada ayam kampung goreng, pindang baung, bebek bakar, paru goreng sampai terong goreng ada di sini. Kisaran harganya dari Rp 16.000 saja.

2. Sambel Seruit Uhuuuy!

Di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ada warung makan sederhana yang terkenal menyajikan menu sambal seruit khas Lampung. Sekilas tampilan makanan yang ada di sini mirip seperti Nasi Tempong khas Banyuwangi.

Namun yang membedakannya jelas sambal seruit dengan tomat rampai khas Lampung yang dibuat dadakan. Untuk menu andalannya ada paket Ikan Nila Goreng, lengkap dengan lalapan rebus, tahu, tempe, nasi dan sambal seruit.

Kemudian ada juga paket sambal seruit dengan lauk tempe, lele, terong penyet, tempe penyet sampai bisa ceker ayam dan ikan gabus. Kisaran harga per paketnya dari Rp 36.000.

3. Nyambel Rampai Geh

5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih5 Tempat Makan Sambal Seruit yang Enak dan Bikin Nagih Foto: Site Culinary/Visual

Sudah punya cabang di mana-mana, gerai Nyambel Rampai Geh spesialis menyajikan sambal khas Lampung yang enak. Selain sambal rampai, di sini juga menjual sambal seruit yang dipadukan dengan berbagai lauk yang bikin ngiler.

Misalnya menu Lele Sambal Seruit dan Ikan Bawal Seruit yang per porsinya harga Rp 31.000. Lalu tersedia juga menu Ayam Sambal Seruit yang porsiannya besar dan sambalnya tak pelit dengan harga Rp 44.000.

Simak Video “Sensasi Makan dengan Tradisi Nyeruit Khas Lampung di Jakarta
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version