Sabtu, September 28

Jakarta

Di dalam perumahan ternyata tak hanya ada makanan viral saja, tapi juga kuliner legendaris sejak puluhan tahun lalu. Sampai sekarang, kuliner ini masih laris dan diminati.

Belakangan istilah ‘hidden gem’ banyak disematkan untuk tempat makan yang lokasinya tersembunyi, seperti di dalam area perumahan. Sebab belum banyak orang tahu kalau di kawasan pemukiman ini ternyata ada penjual makanan enak.

Jenis makanan yang ditawarkan beragam, dari camilan, makanan utama, sampai makanan penutup. Makanan ini tak hanya dijajakan baru-baru ini, tapi ada yang sudah puluhan tahun lamanya sehingga layak disebut kuliner legendaris.


Cerita soal tempat makan legendaris di dalam area perumahan ini pun viral dan semakin banyak disambangi foodies. Ada onde-onde yang populer sejak 1927 hingga bakso enak sejak tahun 1967.

Berikut 5 tempat makan legendaris di dalam perumahan:

1. La Onde HTS Serpong

Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Di perumahan Villa Melati Mas, Serpong, banyak penjaja makanan enak yang viral belakangan ini. Salah satunya La Onde HTS yang berlokasi di Blok B3/3.

Area jualannya memanfaatkan garasi rumah. Ada spanduk sebagai penanda bagi pengunjung agar tidak bingung. Di sini menu spesialnya adalah onde-onde khas Lawang, Jawa Timur, yang dibuat dengan resep sejak 1927.

Onde-onde tersedia dalam ukuran mini, kecil, dan besar. Harganya mulai dari Rp 1.900 per buah. Bisa dibeli 1 kotak dengan isian 6 untuk onde-onde besar, 10 untuk onde-onde kecil, dan 15 untuk onde-onde mini.

Ada juga onde-onde ketan hitam yang unik. Untuk menu lainnya tersedia pisang goreng, risol ragout, risol mayo, dan tahu petis.

2. Rahayu Kitchen

Foto: detikFood

Rahayu Kitchen adalah tempat makan masakan Nusantara enak di perumahan Puri Indah Raya. Lokasi tepatnya di Jalan Kembang Harum IV.

Rahayu Kitchen dirintis oleh ibu Rahayu sejak tahun 1990an yang berawal dari usaha katering rumahan. Menu yang disajikan merupakan masakan rumahan dengan kualitas dan kebersihan yang diperhatikan.

Salah satu menu terfavorit di sini, Nasi Madura (Rp 50 ribu) dengan lauk cumi hitam, udang crispy, soun goreng, telur bumbu Bali, bakwan jagung, serundeng, dan sambal. Lalu diberi pelengkap sayur lodeh nangka.

Kalau ke sini, jangan lupa juga cicip Nasi Empal Wagyu (Rp 68 ribu) yang sedap. Penggunaan daging wagyu membuat hidangan ini lebih empuk dan spesial.

3. Bakso Bandi

Foto: detikFood

Di kawasan perumahan Tangerang, ada bakso legendaris yang juga ramai diperbincangkan. Namanya Bakso Bandi di Jalan Sukabakti V Nomor 28. Dari luar, tempat makan ini seperti rumah pada umumnya, tapi dalamnya ‘disulap’ jadi tempat bersantap.

Bakso Bandi sudah ada sejak 1967, berawal dari usaha bakso pikul keliling. Menu yang disediakan unik, hanya bakso polos, tak ada bakso urat atau bakso telur seperti di tempat-tempat makan bakso lainnya.

Setiap hari bakso dibuat fresh sendiri dengan komposisi daging sapi banyak. Keistimewaan lain ada pada kaldunya yang memakai tulang ayam dan toppingnya juga berupa tulang ayam. Harga per porsi bakso di sini Rp 20 ribu.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version