Rabu, Oktober 2

Jakarta

Masakan China terkenal enak dengan paduan rasa bumbu rempah yang kompleks. Ternyata penggunaan rempahnya beragam, termasuk 5 bumbu rempah terpopuler berikut.

Masakan China punya fakta menarik terkait penggunaan bumbu rempahnya. Meski orang China sering memakai banyak paduan rempah, tapi sebenarnya China selalu mengekspor rempah-rempah itu dari negara lain.

Hal ini karena kondisi geografis China yang seluruh kawasannya tidak memungkinkan untuk budidaya rempah. Rempah umumnya hanya dapat tumbuh di wilayah tropis, seperti di selatan China, Indonesia, selatan India, dan Sri Lanka.


Penggunaan rempah dalam masakan China tidak bisa ditiadakan karena sangat membantu meningkatkan cita rasa hidangan. Rempah juga dinilai dapat menggugah selera makan dengan aromanya yang khas.

Mengutip South China Morning Post (24/9/2024), inilah 5 bumbu rempah terpopuler dalam masakan China:

1. Kencur

Foto: iStock

Kencur atau sand ginger dalam bahasa Inggris adalah rempah populer di India, Indonesia, dan Malaysia. Ternyata di China pun, jejak kencur sudah tercatat sejak 2.000 tahun lalu.

Menurut catatan dari beberapa dinasti, termasuk Dinasti Tang (618-907), rempah yang kerap disebut juga jahe aromatik ini tumbuh di provinsi-provinsi selatan termasuk Guangxi, Guangdong, Hainan, dan Yunnan.

Di China, kencur amat terkenal berkat khasiat penyembuhannya. Catatan New Materia Medica yang diterbitkan tahun 1757 mengungkap kencur bantu atasi gangguan pencernaan, masuk angin, dan berbagai nyeri dan sakit tubuh.

Terkait fungsinya dalam masakan, kencur terkenal ampuh menghilangkan aroma dan rasa amis dari ikan mentah. Selain itu juga merangsang nafsu makan.

Kencur juga kerap digunakan dalam masakan China berbahan daging sapi dan daging babi. Salah satu yang terpopuler adalah saa goeng gai, favorit orang Hakka.

2. Kayu manis China

Mirip kayu manis (cinnamon) pada umumnya, China punya jenis kayu manis lain yang kerap disebut Chinese cassia. Rempah ini berasal dari China bagian selatan, terutama Guangxi, Guangdong, dan Yunnan.

Sejak lama, kayu manis China menjadi bagian dari ramuan pengobatan tradisional. Penelitian medis kontemporer juga menemukan kayu manis China bagus dalam mengendalikan gula darah.

Jenis kayu manis ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur. Namun, konsumsi berlebihan dapat merusak hati.

Kulit kayu manis, baik dalam bentuk bubuk atau batangan, dapat digunakan dalam hidangan gurih seperti kari. Kayu manis dengan aroma sangat kuat ini juga bisa dipakai dalam resep manis seperti dessert dan cokelat.

3. Kembang lawang

Foto: Getty Images/iStockphoto/sivarock

Star anise atau pekak atau kembang lawang juga jamak dipakai dalam masakan China. Rasanya disebut mirip adas manis, tapi lebih pedas.

Kembang lawang adalah rempah penting untuk masakan China. Bahkan konon sudah digunakan selama lebih dari 3.000 tahun.

Aroma dan rasanya yang sedikit manis cocok untuk mengolah semua jenis hidangan daging. Fungsi lainnya seperti kencur, yaitu menghilangkan rasa aneh pada bahan masakan.

Kembang lawang juga merupakan bahan populer untuk hidangan vegetarian China karena aromanya yang kaya. Mengonsumsi rempah ini dapat mengobati perut kembung, sakit perut, cegukan, gagal ginjal, sakit punggung, dan pembengkakan di kaki.

Namun, tanaman ini juga dianggap “panas”, jadi sebaiknya dihindari bagi mereka yang menderita sembelit dan penderita diabetes.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version