Rabu, September 18

Jakarta

Selain rutin mengonsumsi obat-obatan, terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Salah satunya dengan mengonsumsi air rebusan daun.

Terkait kolesterol, secara umum terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol HDL (high-density lipoprotein) dan LDL (low-density lipoprotein). HDL adalah ‘kolesterol baik’ yang melindungi tubuh dari plak dan lemak yang bisa merusak pembuluh darah.

Di sisi lain, LDL sering disebut sebagai ‘kolesterol jahat’ karena dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah. Hal ini kemudian dapat merusak dinding pembuluh darah dan menghambat aliran darah dalam tubuh. Bahkan, kadar LDL yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.


Maka dari itu, setiap orang perlu menjaga kadar kolesterolnya tetap stabil. Selain dengan menerapkan gaya hidup sehat hingga rutin mengonsumsi obat-obatan, mengonsumsi air rebusan daun tertentu juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut air rebusan daun untuk menurunkan kolesterol yang bisa dicoba.

1. Daun Kelor

Air rebusan daun kelor dipercaya sebagai salah satu obat alami yang bisa membantu mengatasi kolesterol tinggi. Dikutip dari Healthline, sejumlah penelitian yang dilakukan terhadap manusia dan hewan menunjukkan daun kelor menghasilkan efek yang dapat menurunkan kolesterol.

Karena khasiat tersebut, daun kelor memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Daun Fenugreek

Air rebusan daun untuk menurunkan kolesterol berikutnya adalah fenugreek. Dikutip dari Medical News Today, penelitian menunjukkan daun fenugreek dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada pengidap diabetes.

Lebih lanjut, studi itu juga menemukan efek serupa bisa diperoleh dari biji fenugreek.

3. Daun Tulsi

Daun tulsi, atau yang dikenal juga dengan sebutan holy basil adalah herbal yang sering digunakan dalam masakan. Namun, tanaman ini ternyata juga memiliki potensi sebagai penurun kolesterol.

Studi yang dilakukan pada 2018 menganalisa efek suplementasi daun tulsi pada orang dewasa berusia 40 tahun atau lebih yang mengidap gangguan metabolisme. Hasilnya, daun tulsi dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan total kolesterol secara signifikan.

Untuk mendapatkan khasiat ini, setidaknya perlu mengonsumsi 1 gram daun tulsi per hari.

4. Daun Rosemary

Daun yang biasanya digunakan sebagai topping pada hidangan steak ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi yang dilakukan pada 2014 menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi daun rosemary mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

Perlu diketahui, penelitian tersebut dilakukan menggunakan sampel ukuran kecil. Karenanya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menarik kesimpulan yang pasti.

5. Daun Jambu Biji

Di Indonesia, daun jambu biji sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Pasalnya, daun jambu biji mengandung beragam nutrisi, seperti serat, kalium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Tak hanya itu, daun jambu biji juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah. Karenanya, air rebusan jambu biji dipercaya dapat melindungi jantung dari risiko berbagai penyakit, seperti stroke dan serangan jantung.

(ath/suc)

Membagikan
Exit mobile version