Kamis, Oktober 24

Jakarta

Dalam dunia olahraga dikenal sejumlah gerakan dasar, di antaranya lompat dan loncat. Sekilas kedua gerakan tampak sama, tapi ternyata cukup berbeda. Simak perbedaan lompat dan loncat di bawah ini.

Perbedaan Lompat dan Loncat dalam Olahraga

Mengutip buku Jasmani 4 karya Tim Penjas SD, berikut sederet bedanya gerakan lompat dan loncat dalam olahraga:

Definisi

Dilihat dari pengertian katanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat berarti bergerak menjauhi permukaan secara horizontal menggunakan otot-otot kaki, baik ke arah depan, samping, atau belakang.


Adapun loncat memiliki arti bergerak menjauhi permukaan secara vertikal (ke atas) dengan menggunakan otot kaki. Dalam kamus tersebut, loncat juga dapat diartikan sebagai lompat.

Tumpuan Kaki

Dikatakan lompat karena tumpuan yang digunakan adalah satu kaki. Sementara saat loncat, dua kaki digunakan sebagai tumpuannya.

Ilustrasi gerakan melompat pada olahraga lompat jauh. Foto: dok. Champion SAC Indonesia 2022

Arah Melayang

Dikutip dari buku 99% Sukses Ulangan Harian SD Kelas 2 oleh Tim Guru Eduka, gerakan melompat saat melayangnya mengarah ke depan. Ketika meloncat, maka melayangnya ke atas.

Posisi Tangan

Apabila dilihat dari posisi tangannya, saat lompat maka tangan ditekuk ke samping. Sedangkan saat loncat, tangannya diluruskan dan diletakkan di samping paha.

Contoh Gerakan

Bedanya lompat dan loncat juga bisa dilihat dari contoh gerakannya, yaitu sebagai berikut:

1. Lompat

Gerakan melompat ini dapat dilakukan dengan menyusun kardus terlebih dahulu membentuk rintangan berbeda. Kardus dilewati dengan melompat menggunakan tumpuan satu kaki.

Gerakan ini dilakukan secara berpasangan. Seseorang merangkak dan lainnya melompat. Kemudian orang itu melompati temannya yang tengah merangkak.

Selain kedua contoh ini, gerakan melompat dalam olahraga juga meliputi lompat jauh dan lompat tinggi.

2. Loncat

Ilustrasi gerakan meloncat pada olahraga loncat indah. Foto: Mercy Raya/detikSport

Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak lalu menurunkan badan dengan kedua lutut ditekuk. Kedua tangan diayunkan ke depan dan mulai meloncat dengan dua kaki sebagai tumpuan. Juga saat mendarat, menggunakan dua kaki.

Gerakan meloncat satu ini dilakukan dengan meletakkan beberapa bola di lantai segaris lurus. Jarak antar bolanya sekitar 50 cm hingga 1 m. Seseorang melewati bola satu per satu dengan dua kaki sebagai tumpuan.

Tidak hanya dua contoh ini, gerakan meloncat dalam olahraga juga meliputi loncat indah, loncat katak, dan loncat harimau.

Nah, itu tadi sederet perbedaan gerakan lompat dan loncat dalam olahraga.

(azn/row)

Membagikan
Exit mobile version