Senin, Oktober 28

Jakarta

Dikenal sebagai minuman yang terbanyak dikonsumsi di dunia, kopi punya khasiat sehat. Tetapi kopi juga bisa berakibat fatal bahkan merenggut nyawa penggemarnya.

Di seluruh dunia, kopi dikenal sebagai minuman pagi hari. Minum kopi juga sudah menjadi gaya hidup, karenanya minum kopi tak pernah terlewatkan satu hari pun. Kopi memang dikenal dengan sederet manfaat sehatnya seperti menambah energi, meningkatkan daya ingat hingga menjaga fungsi otak.

Namun penting untuk dicatat bahwa kopi mengandung kafein yang berperan aktif, sehingga berefek pada tubuh. Tak selamanya positif, kafein juga bisa berefek negatif. Apalagi jika kopi diminum secara berlebihan dan tidak mengikuti anjuran takaran kopi yang berlaku.


Pada beberapa kasus, kopi disebut sebagai salah satu pemicu hilangnya nyawa beberapa orang ini.

Dilansir dari berbagai sumber (27/10), berikut lima kejadian minum kopi berakhir tragis.

1. Overdosis Kafein

5 Orang Ini Kehilangan Nyawa Gegara Minum Kopi Foto: Ilustrasi/Site

Pria bernama Tom Mansfield asal Colwyn Bay di Wales, Inggris, harus kehilangan nyawanya usai mengonsumsi bubuk kafein yang setara dengan 200 cangkir kopi. Pria berusia 29 tahun ini sengaja memasukkan bubuk kafein setelah mendengar bahwa kafein bisa meningkatkan energi ketika olahraga.

Namun setelah mengonsumsi bubuk kafein itu, ia mulai memegang dadanya karena detak jantungnya yang tak normal. Tak lama dari sana ia langsung jatuh tak sadarkan diri dengan mulut berbusa.

Setelah dilarikan ke rumah sakit terdekat, Tom dinyatakan meninggal dunia karena mengonsumsi terlalu banyak kafein.

2. Kopi dengan Alkohol

cup of black coffee Foto: Getty Images/iStockphoto/mizar_21984

Di Amerika Serikat, ada orang-orang yang gemar mencampur kopi dan alkohol. Tujuan dari pencampuran minuman ini agar mendapat efek mabuk yang lebih cepat. Padahal hal ini sangat berbahaya.

Sebuah kasus pernah dialami Athena Gervais. Remaja berusia 14 tahun ini mencampur kopi dengan alkohol saat menghadiri pesta. Ia meneguk beberapa gelas campuran minuman ini.

Tak lama setelah minumannya habis, ia langsung tak sadarkan diri. Mirisnya, tak ada orang yang mengetahui kalau ia meninggal. Jasadnya ditemukan setelah keesokan harinya.

3. Minum Kopi Pakai Minuman Berenergi

Kopi dan minuman berenergi sama-sama mengandung kafein, ketika keduanya dicampur maka kandungan kafeinnya otomatis melonjak. Sementara tubuh manusia memiliki batas toleransi asupan kafein harian.

Dilansir dari CNN, seorang remaja berusia 16 tahun bernama Davis Allen dari Amerika Serikat harus meregang nyawa. Ia terlalu banyak mengonsumsi kopi yang dicampur minuman berenergi.

Davis diduga mengalami aritmia, yakni kelainan detak jantung yang mempengaruhi sistem pompa darah dari jantung ke organ tubuh lainnya. Davis diketahui mengonsumai 3 kaleng kopi dan minuman berenergi sebelum pingsan dan meninggal dunia.

Simak Video “Menakar Potensi Bisnis Kopi Gerobak Kekinian
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version