Kamis, Oktober 17

Jakarta

Protein menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya ditemukan pada makanan, protein juga terkandung pada minuman sehat ini.

Protein merupakan nutrisi penting yang memberikan banyak manfaat. Mulai dari memberikan rasa kenyang, menyehatkan tulang dan gigi, mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, dan lainnya.

Menurut pedoman kesehatan, dalam sehari manusia membutuhkan 46-56 gram protein. Namun, jumlah itu disesuaikan dengan usia, kondisi tubuh, dan seberapa banyak aktivitasnya.


Asupan protein tersebut tidak hanya ditemukan pada makanan, tetapi juga minuman. Dikutip dari Eating Well (12/04/24) berikut 5 minuman kaya protein:

1. Susu sapi

Susu sapi kaya akan protein. Foto: iStock

Susu sapi merupakan salah satu pilihan ideal untuk memenuhi kebutuhan protein. Dalam 100 ml susu sapi murni terdapat 3,32 gram protein. Ada dua jenis protein yang terkandung, yakni kasein dan whey.

Kedua jenis protein tersebut sama-sama berkualitas tinggi dan menyediakan asam amino esensial. Selain itu, susu sapi juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik.

Jika rutin diminum setiap hari, susu sapi bermanfaat untuk tubuh dapat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

2. Susu kedelai yang diperkaya

Susu kedelai yang diperkaya adalah susu kedelai yang diberi campuran, seperti beras merah, wijen hitam, jelai, dan lainnya. Dengan begitu kandungan nutrisinya juga bertambah, termasuk protein.

Dalam secangkir susu kedelai yang dipercaya mengandung sekitar 6,3 gram protein. Jumlah tersebut sama tingginya dengan kandungan protein pada telur.

Selain protein, susu kedelai juga dikemas dengan kalsium, vitamin D, dan vitamin A dalam jumlah yang sama seperti susu sapi. Susu kedelai bisa jadi pilihan yang tepat untuk vegan dan orang-orang yang tidak toleran laktosa.

Pilihan minuman yang kaya protein ada di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version