Sabtu, Oktober 12

Jakarta

Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang diinisiasi presiden terpilih, Prabowo Subianto telah masuk tahap uji coba di sejumlah daerah. Ini menu-menu yang disiapkan pihak terkait untuk para siswa SD-SMA.

Pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto punya program unggulan Makan Bergizi Gratis (MBG). Sebelumnya jamak disebut Makan Siang Gratis, tapi kemudian diubah jadi MBG karena makanan yang diberikan sebanyak 2 kali.

Jadi para siswa sekolah di Indonesia akan mendapatkan menu sarapan dan menu makan siang. Hal ini diungkapkan oleh adik Prabowo sekaligus CEO Arsari Group, Hashim S. Djojohadikusumo.


Frekuensi MBG yang sampai 2 kali diharapkan lebih efektif dalam mengatasi persoalan gizi yang ada. Sebab berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), 41% siswa di Indonesia lapar saat belajar di sekolah.

Kini MBG telah memasuki tahap uji coba di beberapa daerah Indonesia. Sejumlah pihak terkait memberikan menu sarapan dan makan siang untuk para siswa sekolah dengan anggaran yang beragam pula, sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu.

Para ahli gizi dilibatkan untuk membuat menu yang tepat sasaran secara jumlah kalori dan nilai gizi. Jenisnya juga beragam menyesuaikan selera target penerima di berbagai daerah, dari siswa SD hingga SMA.

Berikut 5 menu enak dan bergizi yang sudah diberikan dalam uji coba MBG:

1. Olahan daging ayam

Chicken katsu, salah satu menu olahan daging ayam yang dibagikan dalam masa uji coba MBG. Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO

Hari ini (9/10/2024), Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih, Gibran Rakabuming mengunjungi SMAN 70 di Jakarta Selatan untuk uji coba pembagian MBG. Ia menyebutkan anggaran untuk menu di sini paling mewah, Rp 25 ribu.

Lauk utamanya berupa ayam teriyaki, dibuat dari potongan daging ayam dan balutan bumbu teriyaki yang manis gurih. Lalu dalam uji coba MBG di SDN Gisikdrono 02, Semarang pada 7 Oktober 2024, dibagikan chicken katsu.

Untuk diketahui, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani andalan orang Indonesia. Dalam tiap 100 gram daging ayam terkandung sekitar 18,2 gram protein.

Mengonsumsinya dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu meningkatkan pertumbuhan otot yang diperlukan selama masa pertumbuhan.

2. Olahan daging sapi

Selain daging ayam, olahan daging sapi juga diberikan dalam uji coba MBG. Seperti ketika dibagikan Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ke SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara (Jakut) pada 23 September 2024.

Daging sapi punya nutrisi yang tak kalah hebat dari daging ayam, utamanya kandungan protein. Jumlahnya lebih tinggi yaitu mencapai 26 gram per 100 gram. Lali terkandung juga 15 gram lemak, 18 mg kalsium, vitamin D, B6, sampai B12.

Mengonsumsi daging sapi punya beberapa manfaat kesehatan, seperti mencegah anemia, meningkatkan imunitas tubuh, dan mengoptimalkan fungsi otot yang diperlukan oleh para siswa sekolah.

3. Telur

Telur dadar, salah satu olahan telur favorit orang Indonesia. Foto: Getty Images/webphotographeer

Menu lain yang jadi andalan MBG, telur. Ini juga termasuk dalam makanan yang dibagikan Gibran di SMAN 70 Jakarta Selatan. Seperti halnya daging ayam dan daging sapi, telur merupakan alternatif sumber protein menyehatkan.

Telur bisa diolah menjadi ragam sajian enak, seperti telur orak-arik, telur dadar, telur pindang, hingga sesimpel telur rebus.

Sebutir telur rebus, misalnya, mengandung 75 kalori. Untuk proteinnya sekitar 6 gram. Telur rebus ideal dijadikan menu sarapan karena tinggi protein dan menciptakan rasa kenyang yang lama.

Telur juga punya sejumlah nutrisi unggulan, seperti kalsium yang menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta zat besi yang mencegah anemia. Tak lupa, telur mengandung kolin yang berfungsi menjaga fungsi organ dan jaringan tubuh tetap sehat.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version