Minggu, September 29

Jakarta

Idul Adha menjadi momen di mana orang Muslim berlomba memasak daging yang enak-enak. Olahan ini menjadi menu idul adha yang paling populer di dunia!

Idul Adha berasal dari kisah nabi Ibrahim yang bermimpi menyembelih anaknya sendiri yaitu Ismail. Hingga Allah SWT menggantikan Ismail dengan seekor domba yang hingga kini praktiknya dikenal dengan ibadah kurban.

Banyaknya orang yang berkurban membuat persediaan daging kambing, domba, sapi, dan unta akan melimpah. Setiap negara dan budaya sampai memiliki menu-menu tradisional yang akan disuguhkan guna mengolah daging kurban tersebut.


Hampir semua orang Muslim di dunia tercatat memiliki menu andalan mereka untuk merayakan Idul Adha. Mulai dari tanah Arab, India, hingga negara lainnya menyajikan hidangan tradisional yang populer saat Idul Adha ini.

Baca juga: Cuma Buat Sultan! Ini 10 Buah Segar Termahal di Jepang

Berikut ini 5 hidangan tradisional saat Idul Adha yang populer di dunia:

Mrouzia menjadi hidangan tradisional yang disajikan saat Idul Adha oleh masyarakat Timur Tengah. Foto: Kuwait Moment

1. Mrouzia

Berasal dari budaya orang Timur Tengah, ada hidangan mrouzia yang terbuat dengan bahan dasar daging domba. Saking banyaknya orang yang memilih untuk berkurban domba di Maroko, hidangan ini berkembang dan populer di Maroko.

Bumbunya sederhana, hanya menggunakan rempah-rempah khas Maroko dengan tambahan kacang atau buah-buahan kering. Rasanya yang enak ternyata membuat negara tetangganya meniru hidangan ini.

Tercatat bahwa mrouzia juga dihidangkan di Asia Tengah hingga Asia Selatan. Uniknya aroma dan rasa khas daging domba pada hidangan ini diatasi dengan menambahkan kucuran madu.

2. Biryani

Hidangan bernama biryani ini sepertinya sudah menjadi hidangan favorit hampir di seluruh dunia. Identik dengan beras basmati yang dimasak menggunakan banyak rempah dan potongan daging, makanan ini aslinya berasal dari Timur Tengah dan Asia Selatan.

Di Indonesia sendiri biryani juga populer. Bahkan perlengkapan untuk memasaknya juga bisa dibeli secara online dalam bentuk instan dan tinggal dicampur layaknya masak nasi biasa.

Untuk tambahannya bisa menggunakan daging sapi, domba, maupun kambing. Hidangan ini juga cocok menjadi inspirasi mengolah daging kurban dengan sentuhan citarasa Timur Tengah.

Ada menu-menu olahan daging kurban lainnya di halaman berikutnya.

Simak Video “Bolehkah Daging yang Sudah Dimasak Dipanaskan Berulang Kali?
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version