Kamis, Oktober 24

Jakarta

Teh hijau asal Jepang berjenis gyokuro dibanderol dengan harga selangit. Ternyata teh ini punya 5 manfaat yang menyehatkan.

Di Jepang ada banyak teh hijau yang digolongkan berdasarkan kualitasnya. Salah satunya adalah gyokuro yang terkenal sebagai salah satu jenis teh dengan kualitas terbaik dan mahal harganya.

Teh gyokuro biasa dijual dengan harga per kilogramnya menyentuh Rp 5 juta – Rp 25 juta. Karakter teh ini memiliki daun yang berbau sangat manis hampir mirip seperti buah.


Mengutip My Japanese Green Tea, rasa alami teh ini juga lembut dan menyegarkan. Ternyata di balik keistimewaan teh ini ada banyak khasiat yang dapat didapatkan konsumennya hanya dengan menyeduhnya.

Baca juga: YouTuber Ini Dihujat karena Dituduh Jual Makanan Berjamur

Berikut ini 5 khasiat Gyokuro yang harganya selangit menurut Senbird Tea:

Konsumsi teh gyokuro dapat memberikan keseimbangan mood sehingga kesehatan mental lebih terjaga. Foto: Getty Images/iStockphoto/y-studio

1. Menyehatkan mental

Gyokuro memiliki kandungan kafein yang tinggi karena diproduksi menggunakan daun teh yang berada di bagian pucuk. Tetapi jika dibandingkan dengan kopi, kandungan kafeinnya tentu berbeda.

Gyokuro memiliki kandungan asam amino theanin yang secara perlahan sepanjang hari. Kopi tidak memiliki kandungan yang sama, sehingga melepaskan kafein dalam jumlah banyak dan lebih singkat.

Karena itu efeknya terhadap ketenangan, fokus otak, dan suasana hati lebih stabil. Sementara jika tubuh menerima asupan kafein yang mendadak dalam jumlah banyak akan menimbulkan gangguan mental seperti kecemasan hingga jantung berdebar.

2. Menyehatkan jantung

Sudah menjadi rahasia bagi para ahli kesehatan bahwa teh tergolong dalam minuman sehat. Hal tersebut karena teh memiliki kandungan katekin yang tidak dimiliki pada tumbuhan lain.

Katekin merupakan bioflavonoid yang mampu menurunkan gumpalan darah, risiko serangan jantung, stroke, hingga penyakit kardiovaskular lainnya. Teh hijau juga memiliki kemampuan untuk meminimalisir penyerapan LDL atau kolesterol buruk.

Minum racikan gyokuro tanpa pemanis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seduhan teh ini juga membantu melindungi tubuh dari racun-racun dan mengendalikan kadar gula darah.

Khasiat gyokuro lainnya ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Melawan Dampak Buruk Polusi Udara dengan Teh Hijau
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version