Rabu, Oktober 2

Jakarta

Makanan Korea ternyata banyak yang menyimpan nutrisi sehat, termasuk bibimbap. Kamu bisa merasakan beberapa manfaat untuk tubuh saat mengonsumsi bibimbap.

Makanan khas Korea sangat beragam jenisnya. Beberapa di antaranya mengandung sayuran yang memberikan nutrisi penting untuk tubuh.

Salah satu makanan Korea yang dapat dikatakan sehat adalah bibimbap atau disebut juga dolsot bibimbap. Hidangan nasi ini disajikan dengan berbagai jenis sayuran dan protein.


Dilansir dari Health Shots (2/5/2024), bibimbap memakai beberapa jenis sayuran. Karenanya kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Hidangan ini juga baik dikonsumsi saat diet.

Berikut 5 manfaat sehat mengonsumsi bibimbap:

1. Sumber Protein

manfaat konsumsi bibimbap Foto: Getty Images/iStockphoto

Bibimbap merupakan makanan dengan kandungan tinggi protein. Sumber protein yang ada di dalam bibimbap ini terdapat pada bahan-bahan yang digunakan untuk menyajikan seporsi bibimbap, seperti daging ayam, sapi, babi, maupun telur.

Jika kamu seorang vegan, kandungan protein ini dapat ditambahkan menggunakan makanan nabati, seperti tahu, kacang-kacangan, dan taoge. Sumber protein tinggi ini diperlukan untuk perkembangan dan perbaikan jaringan tubuh.

Menurut sudi tahun 2023 yang diterbitkan dalam Research Gate Journal, protein dapat mengenyangkan dan merasa lebih puas setelah makan. Inilah alasan protein harus ditambahkan pada makanan diet.

2. Kaya Nutrisi

Sajian bibimbap sangat cantik, karena terdiri atas beragam jenis bahan yang disusun. Warna hidangan inipun warna-warni dan tentunya bernutrisi tinggi.

Kiran Dalal, selaku ahli gizi menjelaskan bahwa bahan yang ditambahkan pada sajian bibimbap sangat bergizi dan dapat menjaga pola makan.

“Wortel yang kaya akan vitamin A merupakan bahan utama dalam resep ini untuk menjaga kesehatan tulang, mata, kulit, dan sistem pencernaan. Telur juga mengandung banyak protein yang merupakan sumber vitamin B2, B12, dan E,” ungkap Kiran Dalal.

“Nori atau rumput laut kering yang merupakan bahan umum lainnya dalam bibimbap juga kaya akan serat gizi, asam amino, dan berbagai vitamin,” tambahnya.

Simak Video “Bikin Laper: Nyobain Daechang Jukkumi ala Korea yang Lagi Viral
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version