Kamis, Oktober 17

Jakarta

Beberapa negara punya hidangan khas yang rasanya terkenal sangat pedas. Dari Indonesia, ada otak-otak yang masuk daftar makanan terpedas di dunia.

Makanan pedas terasa menyiksa untuk mereka yang tidak toleran terhadap rasa pedas atau memang tingkatan pedasnya sudah ekstrem.

Meskipun menyiksa, tetapi tidak sedikit orang menyukai makanan ini. Bahkan, makanan tradisional di beberapa negara juga memang ada yang khusus disajikan dengan rasa pedas.


Makanan pedas dari berbagai negara dunia tetap disukai, bahkan laris diburu oleh para penikmatnya.

Belum lama ini, laman Espresso mengunggah deretan makanan terpedas di dunia. Di antara banyaknya pilihan, ternyata otak-otak Indonesia masuk ke dalam daftar.

Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir dari espresso.com (09/10/2024).

1. Otak-otak Indonesia

otak-otak menjadi salah satu makanan terpedas. Foto: Tasarina Maharani

Siapa sangka otak-otak Indonesia masuk ke dalam daftar makanan terpedas di dunia. Hidangan ini terbuat dari daging ikan tenggiri cincang yang dibungkus daun pisang.

Secara umum, makanan ini disajikan dengan saus kacang atau kuah asam pedas. Terkadang saus kacang yang disajikan juga punya rasa pedas yang mungkin tidak bisa ditolerir banyak orang.

Selain otak-otak biasa, ada juga otak-otak khas Kepulauan Riau yang unik dan terkenal lebih pedas. Sebab, adonannya menggunakan bumbu campuran cabai, bawang, kunyit, dan serai.

Beberapa juga menambahkan bahan selain ikan, seperti daging kepiting, udang, dan sotong. Daun untuk membungkus otak-otak biasanya memakai daun kelapa atau nipan.

2. Jerk Chicken

Jerk Chicken juga menjadi salah satu makanan terpedas. Foto: Shutterstock

Jerk Chicken merupakan hidangan khas Jamaica. Berupa ayam yang direndam dalam bumbu selama beberapa jam, lalu dipanggang.

Rasa pedasnya berasal dari penggunaan beberapa jenis rempah seperti jalapeno, pimento, hingga beberapa jenis cabai lainnya. Bumbu rempah pedas itu ditaburi ke ayam, lalu ayam dimarinasi selama 12 sampai 24 jam.

Hidangan ini pun memiliki tingkat kepedasan antara 80.000 sampai 400.000 Scoville. Meskipun pedas, tetapi makanan ini tetap diminati oleh banyak orang.

Makanan terpedas lainnya bisa dilihat di halaman selanjutnya!

Simak Video “Indonesia Peringkat 6 Negara dengan Masakan Terbaik Dunia Versi Taste Atlas
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version