Rabu, September 25


Jakarta

Asam urat perlu diwaspadai agar tidak merasakan efek samping nyeri pada sendi. Salah satunya dengan menghindari makanan pemicu asam urat. Tak hanya seafood, tapi juga makanan berikut ini.

Asam urat adalah kondisi peradangan atau nyeri pada sendi yang disebabkan adanya penumpukan kristal.

Kristal tersebut adalah monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi, sehingga timbul rasa sakit. Ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia).


Mengutip Very Well Health, kadar asam urat yang tinggi berasal dari purin, senyawa kimia yang ditemukan secara alami dalam makanan dan tubuh.

Karena itu, penderita asam urat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi purin.

Meskipun ada berbagai kemungkinan penyebab seperti faktor genetik dan kondisi medis, konsumsi makanan tertentu bisa menyebabkan asam urat. Berikut daftarnya:

1. Daging merah

daging merah. Foto: Getty Images/omersukrugoksu


Melansir Health, daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi memiliki kandungan purin tingkat tinggi.

Tubuh dapat memecah purin menjadi asam urat. Daging merah bahkan memiliki jumlah yang lebih tinggi dari dua purin spesifik yang disebut hipoksantin dan adenin daripada makanan lain.

2. Seafood
Berbagai jenis seafood bisa meningkatkan risiko asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Hindari beberapa ikan seperti ikan teri, sarden, kerang, dan tuna.

3. Minuman manis
Bukan hanya purin yang perlu dihindari, konsumsi gula juga harus batasi. Kurangi minuman yang ditambahkan dengan sirup jagung fruktosa tinggi, seperti soda non-diet atau jus buah berpemanis.

Pemanis dalam minuman ini akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat.

4. Jeroan

Jeroan. Foto: iStock

Pada umumnya makanan hewani cenderung tinggi purin, namun jeroan memiliki tingkat purin yang lebih tinggi. Jeroan seperti hati harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas untuk mengurangi kemungkinan kambuhnya asam urat.

5. Bir
Mengonsumsi alkohol meningkatkan risiko yang lebih tinggi untuk terkena asam urat. Bahkan bir memiliki risiko tertinggi memperburuk gejala asam urat dibandingkan dengan minuman keras lain seperti wine.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul “5 Makanan Pemicu Asam Urat, Hati-hati Makan Seafood”

(sob/adr)

Membagikan
Exit mobile version