Rabu, Oktober 2

Jakarta

Menu makanan dari olahan daging ular memang bukan hal yang baru. Di beberapa negara di Asia, ular sudah jadi makanan sehari-hari sejak dulu.

Dianggap sebagai hewan buas, ular yang masih berbisadapat membahayakan nyawa manusia. Namun hal itu tidak menyurutkan orang-orang untuk berhenti mengonsumsi hidangan yang satu ini.

Ada berbagai hidangan yang diolah dari daging ular dan diminati banyak orang. Contohnya seperti sup ular di China, makanan populer satu ini biasanya dicampur dengan berbagai bahan tambahan.


Kemudian ada juga restoran di Hong Kong, yang spesial menyajikan menu pizza ular. Sementara di Indonesia, ular diolah sate hingga abon.

Berikut lima hidangan dari daging ular yang tersohor dan banyak penggemarnya di berbagai negara Asia.

1. Pizza Ular di Taiwan

5 Makanan Ini Diracik dengan Daging Ular, Pizza hinggs Abon Foto: Site News/Visual

Ada sebuah gerai pizza ternama yang nyeleneh di Hong Kong. Karena, menu yang ditawarkan berupa topping daging ular. Pizza Hut Hong Kong mengeluarkan menu spesial terbatas yaitu pizza topping daging ular. Bagi masyarakat Hong Kong dan China Selatan familiar dengan daging ular, bahkan banyak yang mempercayai kalau mengonsumsi daging ular memiliki khasiat untuk pengobatan.

Pizza topping daging ular itu juga dikreasikan dengan topping lain. Di antaranya adalah jamur hitam, daging ham ayam, ayam potong dadu, dan keju.

Pizza Hut Hong Kong ini mengungkapkan kalau rasanya akan lebih kaya. “Dipadukan dengan keju dan ayam potong dadu, daging ular ini rasanya lebih kaya. Juga bergizi dan dapat melancarkan peredaran darah,” ungkapnya. Kisaran harga pizza topping ular ini per loyangya sekitar Rp 135.000.

2. Kulit Ular Krispi

5 Makanan Ini Diracik dengan Daging Ular, Pizza hinggs Abon Foto: Site News/Visual

Beda halnya dengan di Thailand, olahan kulit ayam krispi bersaing ketat dengan kulit ular krispi yang sering dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat nasi goreng yang enak.

Cara membuatnya juga mudah, kebanyakan orang-orang menggorang kulit ular yang sudah dibersihkan hingga garing dan teksturnya renyah. Kemudian, kulit ular ditumis dengan aneka bumbu nasi goreng seperti bawang, sayur hingga telur baru dimasukkan nasi.

Biasanya nasi goreng dengan kulit ular ini dimasak tanpa kecap. Jadi rasanya dominan gurih sedap, tanpa rasa manis.

3. Abon Ular

5 Makanan Ini Diracik dengan Daging Ular, Pizza hinggs Abon Foto: Site News/Visual

Tak hanya ayam atau ikan saja yang enak dijadikan abon. Ular kobra juga jadi salah satu produk abon yang cukup ekstrem, namun laris manis di Indonesia karena banyak penggemarnya.

Memang abon ular ini fungsinya bukan hanya makanan semata, melainkan untuk obat melawan gatal-gatal di kulit, jerawat yang tak kunjung sembuh hingga masalah kulit lainnya.

Dari segi bentuk dan tampilan, ular kobra memang tidak ada bedanya dari abon biasa. Harganya juga masih terjangkau sekitar Rp 35.000 saja untuk satu kemasan kecil.

Membagikan
Exit mobile version