Sabtu, September 7

Jakarta

Menjadi orang Indonesia harusnya patut berbangga hati dengan kekayaan budaya kuliner yang dimiliki. Ada 5 makanan yang diakui sebagai warisan budaya tak benda.

Tidak hanya kaya dengan kepulauan dan batas lautnya yang luas, Indonesia juga punya kekayaan budaya. Salah satu yang dapat diandalkan adalah budaya kuliner khas Nusantara yang tidak ada duanya di dunia.

Bahkan budaya kuliner di Nusantara juga mendapat sorotan dari UNESCO. Selaku lembaga yang berwenang untuk mengawasi daftar warisan budaya baik yang dalam bentuk benda maupun tak benda ada beberapa hidangan Indonesia yang disebut sebagai warisan budaya.


Kekayaan kuliner yang masuk dalam daftar UNESCO telah resmi dan diakui sebagai milik Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga tidak akan bisa diklaim oleh negara lainnya. Sudah tahu apa saja yang diupayakan untuk masuk dalam daftar UNESCO? Intip daftarnya berikut ini.

Baca juga: Masak Beef Wellington Rp 1,8 Juta, Brooklyn Beckham Dipuji Gordon Ramsay

Berikut ini 5 makanan yang masuk dalam daftar warisan budaya tak benda:

Selain jadi makanan terenak, rendang juga masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO. Foto: Getty Images/MielPhotos2008

1. Rendang

Olahan daging yang dimasak dengan rempah-rempah asal Sumatera Barat ini ternyata masih dalam tahap upaya pencatatan resmi dalam daftar UNESCO. Rendang diakui sebagai warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia oleh KEMDIKBUD resmi sejak tahun 2013.

Rendang sebelumnya juga telah populer dan disebut-sebut sebagai makanan terenak nomor satu di dunia. Menurut adat Sumatera Barat rendang sebenarnya tidak diartikan sebagai hidangan melainkan cara memasak.

Rendang diambil dari kata ‘Marandang’ yang artinya memasak dengan berbagai bumbu secara perlahan dan dilakukan dengan durasi yang panjang. Bahkan bagi orang Indonesia sendiri rendang seolah tak boleh ketinggalan untuk disajikan terutama ketika acara-acara besar.

2. Pempek

Pempek asal Sumatera Selatan telah diusulkan untuk dimasukkan ke dalam Intangible Cultural Heritage (ICH) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia ini juga telah memasukkannya sebagai warisan budaya tak benda Indonesia sejak 2013 silam.

Teksturnya yang kenyal dengan berbagai jenis dan isian membuat kelezatannya selalu dirindukan oleh lidah orang Indonesia. Bahkan bagi masyarakat Palembang dan wilayah Sumatera Selatan pempek seorang memiliki tempat yang istimewa.

Pempek bisa menjadi kudapan utama, camilan, atau bahkan diolah menjadi hidangan lain. Rasa pedas, asam, manis, dan segar dari cukonya paling enak diseruput langsung ketika menyantap pempek yang kenyal mantap.

Makanan Nusantara lainnya ada di halaman berikutnya.

Membagikan
Exit mobile version