Rabu, Oktober 23

Jakarta

Makanan fermentasi tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tapi juga untuk kesehatan otak. Apa saja daftar makanannya?

Selama ini makanan fermentasi mungkin hanya dianggap baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab, makanan ini diketahui dapat membantu memecah nutrisi di dalam makanan. Hal ini membuat makanan tersebut dapat lebih mudah dicerna daripada makanan yang tidak difermentasi.

Namun, makanan fermentasi rupanya juga baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Menurut Eating Well, penelitian yang sedang berkembang mengungkap bahwa otak dan usus berkomunikasi melalui berbagai jalur.


Katherine Brooking, MS, RD, seorang ahli gizi di New York menjelaskan, zat yang diproduksi di usus oleh bakteri dapat berjalan atau mengirimkan sinyal melalui saraf besar, seperti saraf vagus, langsung ke otak dan memicu berbagai aktivitas otak hingga dapat mengubah suasana hati, perilaku, memori, dan kognisi.

Lantas, makanan fermentasi apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi? Melansir Eating Well (16/10/2024), berikut daftarnya!

1. Yogurt

Yogurt baik untuk meningkatkan fungsi otak dan menudukung produksi neuritransmitter. Foto: Getty Images/Kristina Maksymova

Yogurt merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus

Amy Kimberlain, RDN, CDCNES, merekomendasikan makanan ini karena mengandung probiotik atau bakteri baik yang membantu menjaga mikrobioma usus sehat.

Menurutnya, yogurt baik untuk kesehatan otak karena dapat meningkatkan mikrobioma usus sehat, mendukung produksi neurotransmitter, mengurangi peradangan, dan menyediakan nutrisi penting yang melindungi dan meningkatkan fungsi otak.

2. Kimchi

Kimchi juga menjadi makanan fermentasi yang bagus untuk mendukung kesehatan otak. Foto: iStockphoto/Getty Images/Zania Studio

Kimchi merupakan hidangan tradisional Korea yang terbuat dari sayuran fermentasi. Sayuran yang difermentasi berupa kubis hingga wortel yang dibumbui dengan bumbu aromatik, seperti bawang putih, jahe, dan bumbu spesial gochujang.

Kimchi kaya akan probiotik yang mendukung kesehatan usus dan otak. Penelitian yang disebut Eating Well menunjukkan bahwa probiotik tertentu dalam kimchi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mungkin memiliki efek neuroprotektif yang mampu mengurangi risiko penyakit terkait neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan demensia.

Fungsi kognitif merupakan kemampuan mental yang berhubungan dengan kemampuan otak dalam menerima dan mengolah informasi yang disampaikan oleh sistem indra.

Selain probiotik, kimchi juga kaya akan vitamin K yang dikaitkan dengan fungsi otak tetap tajam dan antioksidan, seperti vitamin C, yang dapat melawan sel-sel rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Daftar makanan fermentasi lainnya yang bagus untuk kesehatan otak dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Video: Di Warung Sunda Ini Bisa Makan Sayur Asem Gratis Seumur Hidup!
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version