Rabu, September 25

Jakarta

Perubahan musim seringkali membuat seseorang jatuh sakit. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, para ahli menyarankan konsumsi 5 makanan yang sering dianggap buruk ini.

Perubahan musim membuat tubuh seseorang lebih rentan terhadap penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sering dialami, seperti batuk dan flu. Namun, penyakit ini bisa dihindari dengan cara memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain istirahat yang cukup dan rutin berolahraga, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki efek terhadap penguatan sistem kekebalan tubuh.


Makanan-makanan itu tidak hanya makanan sehat, tetapi juga makanan yang kerap dicap ‘buruk’.

Makanan tersebut sebenarnya tidak seburuk yang dikira. Di dalamnya juga terkandung beragam nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari dari penyakit batuk dan flu.

Melansir aol.com (19/09/2024), berikut daftar 5 makanan ‘buruk’ untuk tingkatkan kekebalan tubuh:

1. Telur

Telur ayam sebenarnya adalah makanan padat nutrisi yang bisa bantu tingkatkan kekebalan tubuh. Foto: iStock

Telur mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Namun, jika dikonsumsi sewajarnya, maka telur bermanfaat untuk kesehatan.

Satu butir telur berukuran besar hanya mengandung 1,5 gram lemak jenuh dan 186 mg kolesterol.

Telur ini merupakan sumber protein yang terjangkau. Telur menawarkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menciptakan antibodi, guna menangkal infeksi. Selain itu, telur juga menyediakan nutrisi penting lainnya, seperti selenium, folat, vitamin A dan D.

Telur juga menyediakan sejumlah kecil asam lemak omega-3 yang juga dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Selain bernutrisi, telur juga enak dan mudah diolah menjadi hidangan apapun.

2. Kentang

Disarankan juga mengonsumsi kentang karena mengandung bakteri yang bisa bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Foto: iStock

Beberapa orang menganggap kentang sebagai sumber karbohidrat yang buruk. Padahal, kentang merupakan karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

Patricia Kolesa MS, RDN, mengungkap jika kentang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Satu kentang berukuran sedang juga memberikan sekitar 20% dari nilai harian untuk vitamin C, dan mengandung nutrisi utama untuk kekebalan tubuh lebih baik.

Kentang juga mengandung pati resisten, sejenis karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri usus. Hal ini merupakan kabar baik karena mikrobioma usus yang berkemabang pesat adalah cara lain untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kentang juga bisa diolah dengan mudah. Bisa direbus atau dipanggang, dan cocok dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

Makanan ‘buruk’ lainnya yang sebenarnya bantu tingkatkan kekebalan tubuh bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version