Selasa, Oktober 8

Jakarta

Dikurasi dari ratusan kopi yang berasal dari berbagai negara, ada lima kopi yang dinobatkan sebagai kopi terenak di dunia. Ini daftarnya.

Penggemar kopi pastinya sudah tak asing dengan varian biji kopi yang beragam hingga racikan kopi yang berbeda di setiap negara. Setiap kopi memiliki ciri khasnya sendiri mulai dari metode penyeduhan, bahan yang digunakan sampai racikannya yang berbeda.

Lewat situs kuliner dan traveling TasteAtlas, ada daftar kopi terbaik di dunia. Di posisi lima besarnya ada kopi dari Kuba yang mirip seperti espresso, kemudian kopi India yang ciri khasnya terletak pada filternya, hingga es kopi creamy dari Yunani.


Berikut daftar lima besar kopi terenak di dunia versi TasteAtlas:

1. Cafe Cubano

5 Kopi Terenak di Dunia, dari Kopi Kuba hingga Yunani Foto: Site News

Di posisi pertama kopi terbaik di dunia ada Cafe Cubano. Kopi tradisional dari Kuba menggunakan biji kopi pilihan yang membuat rasa kopi ini berbeda dengan kopi lainnya. Sebutan lain untuk kopi ini adalah Cuban Espresso yang sudah menjadi bagian dari keseharian hingga minuman wajib orang Kuba.

Kopi ini diracik menggunakan espresso yang sudah diberi pemanis dengan gula demerara saat diseduh. Orang-orang Kuba lebih suka menggunakan biji kopi yang hitam, sehingga ketika dicampur dengan gula warna kopi langsung berubah menjadi kecoklatan.

Berbeda dengan negara lain yang mengonsumsi kopi di pagi hari, Cafe Cubano justru biasa diminum di siang hari dan disajikan dengan segelas air mineral. Selain di Kuba, kopi ini populer di Amerika latin dan Florida.

2. Indian Filter Coffee

5 Kopi Terenak di Dunia, dari Kopi Kuba hingga Yunani Foto: Site News

Di posisi kedua kopi terbaik dunia ada Indian Filter Coffee. Kopi saring tradisional ala India ini memang cukup unik karena metode pembuatannya masih tradisional tanpa menggunakan mesin kopi modern. Kopi ini menggunakan cangkir khusus sebagai saringan tradisionalnya.

Penyaringan kopi yang berlangsung perlahan dan melalui celah-celah lubang kecil disebut-sebut membuat hasilnya jadi lebih pekat. Untuk menambahkan rasa, biasanya orang India menggunakan gula dan atau susu ke dalam kopinya.

Rasanya yang manis dan legit, membuat kopi ini bisa dinikmati semua kalangan karena tidak pahit atau asam.

3. Espresso Freddo

5 Kopi Terenak di Dunia, dari Kopi Kuba hingga Yunani Foto: Site News

Beralih ke Yunani ada es kopi Espresso Freddo yang berhasil menempati posisi tiga dalam daftar. Minuman kopi ini terbilang sederhana karena dasarnya hanya kopi Yunani yang dicampur espresso dan es batu.

Uniknya pada penyajian kopi ini menggunakan dua layer yang berbeda cara penyeduhannya. Pertama ada kopi hitam yang diseduh seperti espresso pada biasanya dengan citarasa yang kuat dan menyegarkan.

Kemudian sebelum disajikan di bagian atasnya akan ditambahkan foam kopi yang manis dan creamy. Racikan minuman ini pertama kali eksis pada 1990an, kini espresso freddo menjadi minuman yang paling dicari oleh orang Yunani.

Simak Video “Video: Ubud Duduki Peringkat Kedua Kota Ramah Vegan di Dunia
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version