Sabtu, Oktober 5

Jakarta

Asia jadi salah satu benua yang menghasilkan banyak kopi. Di antaranya beberapa jenis kopi dari Asia ini disebut memiliki rasa yang paling enak.

Membicarakan tentang jenis dan varian kopi pasti tidak cukup jika dibahas dalam waktu satu hari saja. Di benua Asia contohnya, ada banyak jenis kopi yang memiliki ciri khas dan komposisi berbeda di setiap negara.

Dari sini lah muncul daftar kopi-kopi terbaik dari Asia, hasil kurasi situs traveling dan kulineran yaitu TasteAtlas. Dilansir dari situs TasteAtlas, ada 17 kopi yang disebut terbaik dan memiliki rasa paling enak di Asia.


Berikut daftar lima besar kopi terbaik di Asia yang menarik untuk dicoba.

1. Kopi Filter India

5 Kopi Kualitas Terbaik di Asia, dari India hingga Vietnam! Foto: Site News

Berasal dari Tamil dan India Selatan, Kopi Filter India menempati posisi pertama sebagai kopi terbaik di Asia. Meski tidak sepopuler jenis kopi lainnya, ciri khas kopi yang satu ini terletak pada campuran susu panas, gula serta seduhan bubuk kopi yang sudah digiling halus menggunakan saringan tradisional di India.

Sekilas tampilannya mirip seperti kopi gaya Vietnam, ada dua kertas filter kopi yang digunakan untuk menampung bubuk kopi di bagian atas, serta bagian bawahnya meneteskan kopi.

Teknik penyeduhan ini mampun menciptakan kopi jenis full-body yang cita rasanya unik dan manis. Teksturnya juga lumayan kental hingga cocok diminum penggemar kopi susu.

2. Es Kopi Vietnam

Foto: Getty Images/grandriver

Jika Kopi Filter India disajikan dalam keadaan panas atau hangat, berbeda dengan juara kedua di daftar ini. Yaitu Es Kopi Vietnam yang berasal dari Vietnam dan bisa dibilang sudah terkenal di berbagai negara.

Hanya dua bahan yang digunakan untuk meracik kopi ala Vietnam. Yaitu kopi bubuk dark roast yang rasanya pekat dan susu kental manis. Cara menyeduhnya menggunakan alat seduh yang menggunakan filter tetes khusus Prancis disebut phin atau saringan logam tempat untuk menyeduh kopi dengan air panas.

Kemudian, kopi perlahan akan menetes melalui saringan dan masuk ke dalam cangkir yang berada di bawahnya. Kopi ala Vietnam ini bisa langsung dinikmati ketika panas. Namun, racikan dinginnya juga populer dengan tambahan es batu dan susu kental manis.

3. Turk Kahvesi

5 Kopi Kualitas Terbaik di Asia, dari India hingga Vietnam! Foto: Site News

Di posisi ketiga ada Turk Kahvesi, kopi autentik ala Turki yang disebut sebagai salah satu kopi paling enak dan populer di Asia.

Turk Kahvesi atau kopi Turki memiliki cara penyeduhan yang unik hingga dianggap sebagai warisan dunia. Kopi Turki memiliki ciri khas menggunakan bubuk kopi yang paling halus.

Menggunakan wadah periuk khusus, kopi akan dimasak dengan tumpukan pasir panas. Setelah berbuih kopi baru dituangkan ke dalam cangkir kecil satu per satu.

Simak Video “Menakar Potensi Bisnis Kopi Gerobak Kekinian
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version