Sabtu, Oktober 26

Jakarta

Untuk meracik kopi ada komposisi yang harus disesuaikan jika ingin mendapat rasa yang tepat. Mulai dari kualitas kopi hingga jenis susu penting dipertimbangkan.

Bagi sebagian besar orang, kopi sudah menjadi bagian dari kehidupannya yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tetapi untuk mendapatkan kopi yang enak juga bukan hal yang mudah dilakukan.

Ada beberapa komponen dalam segelas kopi, terutama kopi susu, yang wajib diperhatikan jika ingin kopi yang segar. Mulai dari kualitas biji, jenis susu, bahkan hingga suhu airnya juga tak boleh luput dari perhatian.


Para ahli kopi setuju bahwa penikmat kopi perlu mempertimbangkan beberapa komposisi untuk segelas kopi, apalagi jika hendak meraciknya sendiri di rumah.

Berikut ini 5 komponen yang harus diperhatikan pada segelas kopi melansir Food NDTV:

Memilih biji kopi mulai dari varian, tingkat pemanggangan, hingga karakter rasanya penting untuk mendapatkan kopi yang paling pas. Foto: Getty Images/VadimZakirov

1. Memilih jenis biji kopi

Jenis biji kopi tak hanya ditentukan dari varian robusta atau arabika saja. Tetapi tingkat pemanggangan dan karakter rasanya juga perlu diperhatikan untuk mendapat kopi yang tepat.

Bagi yang tak terlalu suka kopi asam sebaiknya pilih kopi dengan karakter cokelat, hazelnut, karamel, dan atau nutty. Sementara tingkat pemanggangannya lebih disarankan medium atau dark roast.

Sebaliknya, bagi mereka yang lebih menyukai kopi dengan rasa asam dibandingkan pahit pilih biji kopi dengan notes rasa buah-buahan. Tingkat pemanggangan light hingga medium roast lebih disarankan.

2. Sesuaikan proses penyeduhan

Dalam membuat kopi, teknik penyeduhannya tidak hanya espresso. Biji kopi dapat diseduh menggunakan beberapa cara tergantung rasa yang hendak diekstrak untuk dinikmati peminumnya.

Teknik manual brew seperti V60 lebih dianjurkan bagi peminum kopi yang ingin rasanya lebih ringan dengan aftertaste yang bersih tidak menempel pada dinding mulut. Metode pour over ini juga lebih ampuh untuk mengekstrak karakter rasa alami dari biji kopi itu sendiri.

Tetapi jika ingin rasa yang lebih pekat sebaiknya memilih metode chemex atau AeroPress. Body atau kepekatannya lebih tebal sehingga rasa pahitnya akan lebih terasa dan menekan acidity atau kadar keasamaan dalam proses penyeduhan kopi.

Tips memilih susu hingga menyesuaikan suhu air ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Santap Bakso yang Berjualan Sejak Tahun 90-an
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version