Jumat, Oktober 25


Jakarta

Kadar gula darah bisa tetap stabil dengan menerapkan pola makan sehat dan tepat. Coba kombinasi 5 makanan ini yang berdampak positif untuk kadar gula darah.

Setiap orang perlu memperhatikan kadar gula darahnya. Jangan sampai terlalu rendah ataupun tinggi karena akan memengaruhi kesehatan.

Ketidakseimbangan kadar gula darah juga bisa berdampak buruk pada sistem endokrin yang memproduksi hormon, mulai dari hormon stres, resistensi insulin, hormon seks, hormon pengatur nafsu makan, hingga hormon terkait fungsi organ.


Karenanya penting untuk membuat kadar gula darah tetap stabil melalui pola makan yang tepat. Memilih kombinasi makanan yang sehat seperti ini bisa jadi alternatifnya.

Mengutip Times of India (22/10/2024), berikut 5 kombinasi makanan yang bantu jaga kadar gula darah:

1. Bijian utuh dan protein rendah lemak

Bijian utuh, seperti quinoa, nasi cokelat, atau barley adalah jenis karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh perlahan. Ini mencegah lonjakan gula darah dalam waktu singkat.

Ketika sumber karbohidrat kompleks dipadukan dengan protein rendah lemak, seperti ayam, kalkun, atau kacang-kacangan, maka akan mendatangkan manfaat lebih. Rasa kenyangnya bakal lebih lama dan kadar energi juga akan stabil.

Di dalam kombinasi ini terdapat zat gizi makro yang seimbang, antara protein dan serat. Keduanya berperan penting dalam manajemen gula darah.

2. Sayuran nonpati dan lemak sehat

Foto: iStock

Beberapa sayuran tergolong nonpati seperti bayam, kale, dan paprika. Jenis sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat yang bagus untuk mengontrol kadar gula darah.

Tambahkan sayuran nonpati dengan sumber lemak sehat, seperti alpukat atau minyak zaitun karena dapat meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus meningkatkan rasa puas saat menyantapnya.

3. Kacang-kacangan dan buah berry

Mau ngemil sehat untuk jaga kadar gula darah? Kombinasi kacang-kacangan dan buah berry adalah yang terbaik. Kacang kaya lemak sehat, protein, dan serat, sedangkan buah berry tergolong rendah gula dan tinggi antioksidan.

Kombinasi keduanya membantu memperlambat pencernaan dan pelepasan energi yang stabil tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

4. Legume dan bijian utuh

Foto: Getty Images/Tanja Ivanova

Jenis legume atau polong, seperti lentil, chickpea, dan kacang hitam adalah sumber serat dan protein yang bagus untuk mengatur kadar gula darah. Ketika dikombinasikan dengan bijian utuh, maka dapat menjadi sumber protein komplet dan karbohidrat yang seimbang.

5. Kayu manis dan oatmeal

Oatmeal jadi menu favorit banyak orang. Oatmeal merupakan sumber serat larut yang bantu memperlambat penyerapan karbohidrat.

Sedangkan kayu manis terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, membuat kombinasi keduanya dapat sangat menguntungkan untuk manajemen kadar gula darah. Oatmeal dengan tambahan bubuk kayu manis bisa jadi ide sarapan sehat.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version