Sabtu, Oktober 19

Jakarta

Kesalahan masak bisa menyebabkan kerusakan pada alat masak yang digunakan. Jika pakai wajan berbahan cast iron atau besi cor, sebaiknya hindari 5 kesalahan ini.

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memasak. Tidak hanya bahan yang digunakan atau teknik memasaknya, tetapi alat masak yang dipilih dan cara menggunakannya.

Cast iron menjadi salah satu alat masak andalan. Pada dasarnya, wajan ini terbuat dari besi tuang, yaitu perpaduan besi, karbon, dan silikon yang dilebur dan dituangkan ke dalam cetakan pembentuk wajan.


Alat masak dari bahan ini dikenal memiliki daya tahan yang luar biasa dan memiliki kemampuan untuk mendistribusikan panas secara merata. Wajan cast iron juga dipercaya dapat menambahkan sedikit zat besi ke dalam makanan, sehingga memberikan sedikit manfaat bagi kesehatan.

Terlepas dari kelebihannya, banyak orang secara tidak sengaja melakukan kesalahan saat menggunakan atau merawat wajan ini. Akhirnya menyebabkan kerusakan.

Agar kerusakan tidak terjadi, sebaiknya hindari 5 kesalahan pemakaian wajan cast iron, seperti dilansir dari Slurrp.com (30/09/2024).

1. Tidak memanaskan wajan

Sebelum menggunakan wajan cast iron, sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu. Foto: Getty Images/NicolasMcComber

Salah satu hal penting saat masak dengan wajan besi yaitu jangan lupa melakukan pemanasan di awal.

Banyak orang tidak memanaskan wajan terlebih dahulu, sehingga masakan tidak matang secara merata dan sulit digoreng atau ditumis.

Wajan cast iron perlu dipanaskan secara perlahan dan merata, sehingga kamu perlu meluangkan waktu beberapa saat sebelum menambahkan bahan apa pun ke dalamnya.

Untuk menguji apakah wajan sudah panas, bisa dengan cara meneteskan air. Jika sudah berdesis dan menguap, tandanya wajan siap dipakai untuk memasak.

Jangan biarkan wajan dingin karena ini bisa membuat makanan lengket dan sulit dibersihkan.

2. Wajan tidak diolesi minyak

Cast iron juga sebaiknya diolesi minyak secara rutin agar menciptakan permukaan anti-lengket alami. Foto: Getty Images/NicolasMcComber

Mengolesi wajan besi penting untuk mencegah karat dan menciptakan permukaan anti lengket secara alami.

Meskipun hal ini bukan perkara sulit, tetapi banyak orang lalai mengolesi wajan mereka, terutama setelah dicuci.

Wajan besi akan membentuk lapisan bumbu, lapisan yang terbuat dari minyak terpolimerisasi yang melindungi logam dan meningkatkan kinerja memasaknya. Tanpa diolesi secara teratur, wajan akan lebih mudah berkarat, dan makanan mulai lengket.

Lapisi wajan besi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan di atas kompor sampai minyak membentuk lapisan pelindung.

Proses ini perlu dilakukan rutin setiap kali kamu mencuci wajan atau melihat permukaannya kusam atau lengket.

Seiring berjalannya waktu, wajan yang sering diberi minyak seperti ini akhirnya memiliki lapisan akhir mengkilap dan anti lengket. Memudahkan proses memasak dan meningkatkan cita rasa makanan.

Kesalahan lain yang perlu dihindari bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version