Kamis, Oktober 17

Jakarta

Tomat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang umum dikonsumsi masyarakat. Tomat biasanya dicampur dengan berbagai hidangan makanan, seperti salad, soto mie, atau sup ayam.

Selain itu, tomat juga umum diolah dengan cara di jus sebagai minuman kesehatan. Meski tomat kaya akan nutrisi dan vitamin, tapi ternyata ada beberapa kelompok yang pantang memakan buah merah ini.

Jika dimakan dalam jumlah banyak, dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan dan bisa memicu penyakit lainnya. Lantas, siapa saja yang pantang makan atau minum jus tomat? Simak pembahasannya dalam artikel ini.


Kelompok Ini Pantang Makan atau Minum Jus Tomat

Tomat mengandung banyak manfaat, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, mengatasi sembelit, hingga dapat mencerahkan kulit. Meski punya segudang khasiat, tomat tak bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Dilansir situs Only My Health, berikut beberapa kelompok yang pantang makan atau minum jus tomat:

1. GERD

Jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung atau GERD, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi tomat. Soalnya, kadar asam pada tomat dapat memicu refluks asam lambung.

Menurut Dr Edwina Raj, Ahli Gizi Senior di Rumah Sakit Aster CMI, Bangalore, tingginya kadar asam pada tomat berpotensi menyebabkan nyeri ulu hati atau memperparah gejala refluks asam lambung. Oleh karena itu, jika kamu memiliki riwayat GERD sebaiknya kurangi konsumsi tomat.

2. Sindrom Iritasi Usus Besar

Seseorang yang mengidap sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS) juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi tomat. Beberapa gejala umum yang sering dirasakan seperti kembung, nyeri, atau kram perut hingga berulang kali.

Apabila pengidapnya mengkonsumsi tomat dalam jumlah banyak, maka bisa memicu gangguan pencernaan. Jadi, sebaiknya kurangi konsumsi tomat karena buah ini mengandung asam cukup tinggi.

3. Intoleransi Histamin

Intoleransi histamin merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk memecah dan memetabolisme histamin dengan baik. Nah, tomat dianggap sebagai makanan yang punya kadar histamin sedang hingga tinggi.

Maka dari itu, orang yang memiliki intoleransi histamin bisa mengalami gejala seperti sakit kepala, ruam kulit, hidung tersumbat, atau gangguan gastrointestinal setelah mengkonsumsi tomat.

4. Batu Ginjal

Seseorang bisa mengalami batu ginjal karena mengkonsumsi makanan tertentu, seperti makan-makanan yang mengandung kalsium oksalat terlalu banyak. Senyawa alami tersebut umumnya ditemukan dalam buah dan sayuran, salah satunya pada tomat.

Nah, apabila kamu memiliki riwayat batu ginjal atau berisiko mengalaminya, sebaiknya hindari konsumsi tomat dalam jumlah banyak.

5. Alergi

Meski jarang terjadi, akan tetapi ada beberapa orang yang mengalami alergi atau sensitif terhadap tomat. Gejala alergi yang umum dialami seperti ruam kulit, gatal-gatal, biduran, pembengkakan, hingga gangguan gastrointestinal.

Itu dia lima kelompok yang dianjurkan untuk tidak makan atau minum jus tomat. Kamu bisa mencari alternatif buah dan sayuran lainnya yang tak kalah sehat dan bergizi.

(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version