Senin, Juli 1

Jakarta

Jenis sambal di Indonesia beragam dan hampir di setiap daerah memiliki racikan sambal sendiri. Jenis yang paling populer ada sambal bawang hingga matah.

Sambal menjadi hidangan yang wajib untuk orang Indonesia, karena bisa merangsang nafsu makan. Biasanya menjadi pelengkap lauk-pauk lain sehingga rasanya lebih pedas.

Jenis sambal di Indonesia memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda di setiap daerahnya. Sambal bawang sangat populer di Jawa hingga ada sambal matah dari Bali.


Berikut 5 sambal paling populer di Indonesia:

1. Sambal Bawang

Sambal bawang sangat populer di Jawa, khususnya Surabaya, Jawa Timur, karena disajikan untuk penyetan. Sambal ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit merah.

Bahan sambal itu diulek sampai halus dan ditambahkan penyedap rasa, lalu disiram minyak panas. Sambal bawang ini bisa langsung dinikmati dengan aneka lauk yang digoreng. Seperti ayam goreng, tempe goreng, dan lainnya.

2. Sambal Hijau

Jenis sambal populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto

Sambal hijau sangat populer di Sumatera Barat. Dikenal sebagai lado mudo. Biasanya menjadi pelengkap hidangan nasi Padang dengan aneka lauknya yang meriah.

Sambal hijau ini terbuat dari campuran cabe hijau besar, cabe hijau keriting, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, dan penyedap rasa. Lalu, semua bahan itu dihaluskan dan digoreng menggunakan daun jeruk.

Banyak yang menggoreng sambal hijau ini sampai layu kecokelatan. Sambal hijau ini memiliki rasa pedas yang masih dapat dinikmati.

Simak Video “Makan Pedas dengan 3 Jenis Sambal di Warung Nasi Urang Sunda
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version