Sabtu, Juli 6

Jakarta

Melon adalah salah satu buah favorit di Indonesia. Jenis-jenis melon sangat beragam dan memiliki keunggulan hingga dijual dengan harga berbeda-beda.

Melon juga menjadi buah yang digemari banyak orang. Selain karena rasanya, melon juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah ini mengandung air yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Karenanya, melon bagus untuk menghidrasi tubuh. Melon juga kaya vitamin, mineral, serat, dan hampir semua melon juga rendah kalori dan kaya akan antioksidan.


Namun, variasi melon tidak hanya satu. Terdapat banyak variasi yang tersedia, termasuk blewah, melon biasa, hingga melon premium yang dijual dengan harga cukup mahal.

Setiap jenis melon juga punya keunggulannya tersendiri, termasuk memiliki harga jual yang berbeda-beda. Di antara sejumlah melon yang ada di dunia, berikut 5 melon paling populer di Indonesia.

1. Blewah

Buah blewah juga masih satu kerabat dengan melon. Foto: iStock/istimewa

Blewah atau cantaloupe merupakan buah yang sebenarnya masih berkerabat dengan melon. Nama latinnya adalah Cucumis melo var cantalupensis yang berasal dari Cucurbitaceae.

Meskipun berkerabat dengan melon, tetapi karakteristiknya berbeda. Kulitnya berwarna hijau muda dengan tekstur jaringan warna krem.

Daging buahnya yang punya warna oranye memiliki rasa unik. Rasanya cenderung manis dan buahnya sedikit beraroma. Oleh karena itu, selain dimakan utuh, blewah seringkali dimanfaatkan sebagai minuman buah yang segar.

Buah ini juga tinggi akan kandungan air serta kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin. Buah ini juga rendah kalori, hanya mengandung sekitar 50 kalori.

2. Melon Sky Rocket

MelonMelon Sky Rocket disebut-sebut jadi jenis yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Foto: sitenews

Melon Sky Rocket disebut-sebut menjadi jenis yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bentuknya bulat dengan kulit buah yang tebal dan tekstur tidak rata karena berjaring atau bersisik.

Bagian luar kulit melonnya berwarna hijau dengan jaring-jaring warna kuning agak cokelat.

Sedangkan daging buahnya memiliki warna hijau muda dengan biji berwarna kekuningan. Rasa daging buahnya cukup manis dengan aroma yang cukup kuat ketika matang.

Melon Sky Rocket juga kaya akan nutrisi, seperti kalium, asam folat, protein, vitamin C, betakaroten, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Harga Melon Sky Rocket pun cukup terjangkau. Satu buah berukuran sekitar 1 sampai 2 kg dibanderol mulai dari Rp 37.900.

Penasaran dengan melon populer lainnya? bisa dilihat dari halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version