Jumat, Oktober 18

Jakarta

Yogurt, bahan makanan sehat yang banyak digemari. Yogurt diselimuti banyak fakta populer, tapi beberapa di antaranya keliru. Seperti anggapan soal yogurt ini yang tak perlu dipercaya lagi.

Yogurt adalah bahan makanan sehat yang belakangan semakin populer. Yogurt dibuat dari susu yang difermentasi bersama kultur bakteri hidup.

Rasa asam yogurt yang tajam dan teksturnya yang kental membuat yogurt disukai banyak orang. Yogurt bisa dimakan begitu saja sebagai camilan sehat atau dikombinasikan bersama makanan manis dan gurih lain.


Dari sisi nutrisi, yogurt merupakan sumber probiotik yang menyehatkan pencernaan. Selain itu, yogurt kaya protein dan kalsium yang mendukung banyak fungsi tubuh.

Namun popularitas yogurt juga dibarengi dengan banyaknya anggapan yang menyertai. Kamu tak perlu khawatir karena sebagian anggapan tersebut tidak benar dan tidak perlu dipercaya lagi.

Dengan mengetahui fakta soal yogurt ini, konsumsi yogurt kamu bakal lebih tepat dan pemahamannya juga lebih benar. Mengutip Mashed (29/3/2024), inilah anggapan keliru soal yogurt yang tak perlu dipercaya lagi:

1. Yogurt tidak akan basi

Anggapan yogurt tidak akan basi adalah salah. Kamu harus tahu bahwa yogurt juga bisa basi sehingga konsumsinya bisa merugikan kesehatan. Meskipun kultur bakteri hidup yang ada dalam yogurt dapat bertindak sebagai pengawet alami, tapi tidak memberikan perlindungan jangka panjang.

Umur simpan yogurt bervariasi, tergantung pada faktor seperti kondisi penyimpanan, jenis, merek, dan apakah yogurt itu sudah dibuka atau belum.

Menurut Departemen Pertanian AS, aturan umumnya adalah yogurt harus disimpan pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah. Yogurt pun harus dimakan dalam waktu dua minggu setelah pembelian. Setelah waktu tersebut,yogurt akan rentan terhadap kontaminasi bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan pembusukan.

Tanda bahwa yogurt sudah basi dan tidak layak konsumsi adalah baunya tidak sedap, warnanya aneh, dan teksturnya menggumpal. Bisa juga ditandai dari kemunculan jamur.

2. Yogurt hanya menyehatkan pencernaan

Foto: iStock

Selama ini yogurt dikenal bagus untuk kesehatan pencernaan karena kandungan probiotik-nya. Probiotik itu membantu menjaga keseimbangan flora usus yang sehat, melancarkan pencernaan, mengurangi peradangan, dan berpotensi meringankan masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit.

Namun, selain itu yogurt kaya akan sumber nutrisi penting seperti kalsium, vitamin B12, potasium, dan fosfor. Konsumsi 1 cup yogurt mencukupi hingga sepertiga dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan. Kalsium berperan penting untuk kesehatan tulang dan gigi, fungsi hormon, dan kontraksi otot.

Sementara itu, dosis vitamin B12 dalam yogurt memenuhi hingga setengah dari jumlah harian yang disarankan. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA.

3. Semua yogurt sama

Saat memilih yogurt, kamu harus menanamkan pikiran bahwa tidak semua yogurt sama. Anggapan yogurt sama adalah hal keliru. Sebab yogurt bisa berbeda dalam hal kandungan nutrisinya.

Contohnya, yogurt biasa dan Greek yogurt. Pembeda utamanya adalah kandungan protein dimana Greek yogurt bisa mengandung hampir 2 kali lipat protein dibanding yogurt biasa.

Selain itu, yogurt yang dibuat dari susu nabati seperti almond, kedelai, dan kelapa, memiliki profil nutrisi berbeda dibanding yogurt yang dibuat dari susu sapi. Jenis yogurt ini bisa jadi alternatif konsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version