Senin, Oktober 7

Jakarta

Penikmat kopi kini mulai tertarik dengan speciality coffee karenanya kualitasnya yang lebih tinggi. Karena itu ketersediaan kopi ini terbatas dan harganya lebih mahal.

Speciality coffee atau kopi specialty belakangan ramai jadi incaran para penikmat kopi. Speciality coffee merupakan kopi berkualitas tinggi.

Kopi ini memiliki karakteristik rasa dan aroma dengan standar ukur cupping test. Selain itu, kopi ini diproses dengan ketentuan khusus. Biji kopi speciality merupakan hasil kerja keras petani kopi.


Untuk menghasilkan biji kopi specialty tidak hanya melibatkan 1-2 orang saja, melainkan banyak. Ini agar terjaga standarisasi dari awal pembibitan hingga menjadi secangkir kopi.

Dikutip dari Otten Coffee (31/10/23) berikut faktanya:

1. Apa itu speciality coffee

Speciality coffee dilihat dari tingkat kualitasnya. Foto: Unsplash/Wojciech Pacześ

Speciality coffee dilihat dari tingkat kualitasnya. Menurut skor pada kopi, speciality coffee mengacu pada kopi yang memiliki skor di atas 80 poin sampai 100 poin.

Poin itu berdasarkan perhitungan Specialty Coffee Association of America (SCAA). Metode penelitian tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Untuk mendapatkan skor tertinggi, tanaman kopi harus dirawat dengan sangat teliti. Mulai dari perawatan, proses panen, hingga didistribusikan ke banyak tempat.

Karenanya, banyak negara penghasil kopi yang fokus meningkatkan kualitas untuk mengejar skor tertinggi. Semakin tinggi skornya, maka semakin tinggi pula harga kopi tersebut.

2. Asal-usul biji kopi speciality lebih jelas

Karena kualitas biji kopinya jauh lebih bagus, tentu asal-usul biji kopi yang digunakan juga lebih jelas. Bukan hanya daerah asalnya saja, tetapi informasi yang lebih spesifik lagi,

Misalnya titik perkebunan, ketinggian tanam, hingga proses pengolahan kopi yang dapat dilacak dengan jelas. Lengkap dengan informasi mengenai metode yang digunakan dalam pengolahan kopi.

Hal inilah yang membedakan dengan kopi komersil. Umumnya, informasi mengenai kopi komersil sangat terbatas hanya sampai pada benua atau negara penghasilnya saja.

Jenis dan tingkat kesegaran speciality coffee ada di halaman selanjutnya.

Simak Video “Video: Pengalaman Makan Burger Buatan Indonesia yang Masuk Top 27 Dunia
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version