Rabu, Oktober 2

Jakarta

Jauh sebelum mendunia, kopi disebut-sebut berasal dari tanah Arab. Ternyata begini perjalanan penyebaran kopi di tanah para Nabi.

Kopi begitu digilai penggemarnya di seluruh dunia. Hampir di setiap negara di dunia memiliki gayanya sendiri untuk meracik dan menyeduh kopi menjadi minuman yang menyegarkan.

Namun menurut catatan sejarah, kopi pertama kali hadir di tanah Arab. Penemuan yang tak disengaja hingga akhirnya berbagai metode untuk memproduksinya lebih banyak lagi membuat kopi populer di tanah para Nabi.


Tercatat ada beberapa fakta unik dari sejarah kemunculan dan perkembangan kopi di tanah Arab. Mulai dari peran kopi sebagai minuman sebelum ritual hingga dianggap serupa wine bagi masyarakat Arab kuno.

Berikut ini 5 fakta penyebaran kopi di tanah Arab menurut The Collector:

DI Yaman, nama ‘Mocha’ diabadikan sebagai nama pelabuhan dalam bentuk menghargai kopi. Foto: iStock

1. Dijadikan nama pelabuhan

Kehadiran kopi di tanah Arab menjadi angin segar bagi masyarakatnya. Kala itu kopi menjadi benda berharga yang dijadikan simpanan di rumah-rumah maupun disajikan untuk kalangan istana seperti ratu dan raja.

Saking dicintainya, kopi atau qahwa kemudian diabadikan sebagai nama sebuah pelabuhan. Di Yaman ada pelabuhan utama dan yang tersibuk di sana diberi nama Mocha yang terinspirasi dari kopi.

Bahkan di Yaman sendiri kopi seringkali digunakan para pelaku sufi untuk membuat dirinya terjaga sepanjang malam. Rahasia kuatnya tubuh para Sufi untuk melakukan ritual malam hari disebut-sebut berkat kehadiran kopi.

2. Dianggap pengganti wine

Sejak masa kekhalifahan, mayoritas orang Arab telah menganut Islam. Sehingga mereka begitu selektif untuk mengonsumsi makanan dan minuman hanya yang dihalalkan dan dianjurkan oleh Alquran saja.

Salah satu stimulan yang digemari, yaitu wine, dilarang keras oleh Islam. Kandungan alkoholnya yang memabukkan tidak diperbolehkan bagi umat Muslim mengonsumsinya.

Sebagai pengganti, orang Arab memilih untuk minum kopi guna menyegarkan atau membuat dirinya rileks. Hingga sekarang masih banyak yang menyebut kopi dengan julukan Wine of Arabia atau yang berarti anggur dari Arab.

Fakta lainnya ada di halaman berikutnya.

Simak Video “Suasana Blok M Square Jelang Lebaran, Pengunjung Berburu Kue Kering
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version