Sabtu, Oktober 26

Jakarta

Tak hanya sekedar minuman saja, kopi memiliki banyak fakta menarik yang jarang diketahui penggemar kopi. Fakta ini berkaitan dengan budaya kopi sampai sejarah kopi.

Secangkir kopi di pagi hari kerap dijadikan minuman wajib untuk menambah semangat dan energi. Kopi mengandung kafein yang kaya antioksidan dan zat aktif lainnya. Diketahui, zat tersebut dapat membantu meredakan peradangan dan melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Salah satunya kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, meningkatkan kesehatan otak sampai membantu orang menjadi lebih panjang umur. Selain manfaat kopi di atas, beberapa fakta lain seputar kopi juga tak kalah menarik untuk dibahas.


Mulai dari budaya ngopi di Turki yang unik sampai sejarah kopi yang sudah dinikmati sejak Perang Dunia II.
Dilansir dari Gourmet Kava berikut lima fakta menarik seputar kopi:

1. Kopi Bisa Memicu Perceraian di Turki

5 Fakta Menarik Kopi yang Jarang Diketahui Penggemar Kopi Foto: Site News

Negara Turki dulunya memiliki budaya ngopi yang menarik dan jarang diketahui oleh banyak orang. Dulu di abad 16, kopi menjadi salah satu budaya sosial yang penting di kawasan Konstanitinopel, sampai muncul undang-undang yang mengizinkan wanita untuk bercerai jika suami mereka tidak memberi para istri cukup kopi.

Tentu saja undang-undang ini tidak berlaku lagi, tetapi fakta ini menunjukkan peran kopi dalam budaya dan keluarga di Turki pada masa lampau.

Tak heran sampai sekarang budaya ngopi di Turki masih memegang peranan penting dalam hubungan pertemanan sampai keramahan.

2. Americano Muncul di Era Perang Dunia II

5 Fakta Menarik Kopi yang Jarang Diketahui Penggemar Kopi Foto: Site News

Minuman kopi Americano memang muncul saat Perang Dunia ke-2. Dinamakan ‘Americano’ karena dulunya menu kopi ini menjadi pilihan para pasukan Amerika.

Selama Perang Dunia 2, kopi yang ditawarkan orang Italia saat itu hanya ada 2 jenis yaitu espresso dan cappuccino. Namun ternyata pasukan Amerika tidak cocok dengan salah satu menunya. Para pasukan Amerika di Italia ini menganggap kopi espresso racikan orang lokal terlalu pekat. Sedangkan orang Amerika lebih akrab dengan kopi yang diseduh dengan tambahan susu, maka mereka lebih menyukai rasa kopi yang ringan.

Lalu mulai muncul versi modifikasinya yaitu espresso yang ditambahkan air panas ini kemudian dikenal dengan nama Americano. Tak hanya disajikan dalam kondisi panas, tapi kini Americano juga bisa dinikmati dingin dengan tambahan es batu.

3. Kopi Dilarang Diminum

5 Fakta Menarik Kopi yang Jarang Diketahui Penggemar Kopi Foto: Site News

Selama ratusan tahun, kopi sering ditentang karena berbagai alasan. Ada lima aksi yang menuntut agar kopi jadi minuman yang dilarang di dunia. Pertama pada tahun 1511, ketika kopi dilarang oleh di Mekah karena dianggap bisa menstimulasi pikiran radikal.

Kemudian di Italia pada abad 16, kopi disebut sebagai minumannya para iblis hingga dilarang konsumsinya di sana. Lalu pada tahun 1623 di Konstantinopel yang sekarang menjadi kota Istanbul, kopi sempat dilarang karena disamakan dengan alkohol.

Begitu juga di Swedia pada tahun 1746, kopi dianggap sebagai minuman untuk menghukum narapidana karena dianggap mematikan. Serta masih banyak lagi percobaan di mana kopi dilarang untuk diminum.

Simak Video “Menakar Potensi Bisnis Kopi Gerobak Kekinian
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version