Rabu, Oktober 2

Jakarta

Pisang biru mencuri perhatian berkat warna kulitnya yang biru terang, bukan kuning kehijauan seperti pisang pada umumnya. Dari segi tekstur dan rasa, pisang biru juga disukai karena creamy mirip es krim!

Pisang tergolong buah tropis yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Beberapa jenisnya yang populer di Tanah Air antara lain pisang kepok, pisang uli, pisang raja, pisang Lampung, sampai pisang barangan.

Namun tahukah kamu kalau ada jenis pisang lain yang tampilannya sangat unik? Dikenal sebagai Blue Java Banana, pisang langka ini punya kulit berwarna biru terang.


Keistimewaan lain ada pada tekstur dan rasa pisang biru. Konon teksturnya creamy dengan rasa manis yang lembut sehingga mirip es krim. Tak ayal, pisang ini juga kerap disebut Ice Cream Banana.

Melansir Times of India (29/9/2024) dan beberapa sumber, inilah 5 fakta menarik pisang biru ‘Blue Java Banana’:

1. Dikembangkan petani Hawaii

Meski namanya ada unsur ‘Java’ yang berarti ‘Jawa’, Blue Java Banana bukan berasal dari pulau Jawa, Indonesia, melainkan asli Hawaii. Pisang ini konon juga bisa tumbuh di Asia Tenggara dan beberapa wilayah Amerika bagian tengah.

Blue Java Banana awalnya ditanam oleh petani Hawaii sekitar tahun 1920. Hal ini disampaikan Ken Love selaku direktur Hawaii Tropical Fruit Growers pada Huffington Post.

“Ada lebih dari 100 jenis pisang yang tumbuh di Hawaii, semuanya punya cita rasa yang berbeda. Perbedaan itulah yang menarik,” jelasnya. Blue Java Banana tergolong ke dalam jenis pisang genom ABB.

Disebutkan Love, genom ABB merupakan satu bagian gula dan dua bagian pati. “Dalam hal ini (Blue Java Banana) pati diubah menjadi gula ketika sudah matang,” jelasnya.

2. Tekstur creamy rasa manis

Foto: Exotic Flora/Intelligent Living

Blue Java Banana juga dikenal dengan sebutan pisang Hawaii, Ney Mannan, Krie, atau Cenizo. Ukurannya cukup besar dengan panjang bisa sampai 18 cm.

Saat belum matang, kulitnya akan menampilkan warna biru perak yang khas. Namun ketika matang, kulit pisang akan berubah jadi kuning pucat.

Tekstur pisang juga akan menjadi lebih pulen dan creamy dalam kondisi matang, sebut Good News From Indonesia. Saat dimakan, teksturnya seolah meleleh seperti sedang makan custard. Rasa manisnya juga disebut lembut.

Menurut Huffington Post, pisang ini bahkan memiliki tekstur yang lebih creamy dibanding pisang premium asal Amerika Serikat, Chiquita.

3. Nutrisi pisang biru

Seperti pisang pada umumnya, Blue Java Banana juga bernutrisi dan menyehatkan. Pisang ini merupakan sumber potassium, vitamin C, vitamin B6, dan serat.

Potassium sendiri bermanfaat menyehatkan jantung dan otot, sedangkan vitamin C mendorong imunitas tubuh. Tak hanya itu, Blue Java Banana juga mengandung antioksidan layaknya pisang lain yang bantu melawan stress oksidatif di tubuh.

Kandungan serat pada pisang biru juga bagus dalam mendukung sistem pencernaan dan mencegah konstipasi. Kesehatan usus secara umum pun bisa dipertahankan.

Bagi yang ingin kesehatan mental lebih baik, juga bisa mengandalkan konsumsi pisang biru. Sebab pisang ini mengandung triptofan, asam amino yang mendukung produksi serotonin untuk mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Membagikan
Exit mobile version