Jumat, Oktober 18


Jakarta

Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan lemak di perut yang membandel. Penyebab lemak perut bisa jadi karena faktor genetik ataupun gaya hidup.

Banyaknya lemak di perut tidak hanya berkaitan dengan penampilan, melainkan juga dengan kesehatan. Oleh karena itu, simak cara membakar lemak di perut di bawah ini.

Cara Menghancurkan Lemak di Perut

Dikutip dari Forbes Health, berikut adalah 5 cara menghilangkan lemak di perut secara alami dan cepat:


1. Hindari Ngemil di Tengah Malam

Kemungkinan besar karbohidrat adalah penyebab bertambahnya lingkar pinggang.

Ahli diet Elizabeth Ward, menyarankan untuk menghentikan ngemil apa pun setelah makan malam. Usahakan untuk menutup waktu makan sedini mungkin.

“Penelitian menunjukkan makan sesuai dengan jam tubuh dan ritme sirkadian alami akan membantu mengurangi penyimpanan lemak,” kata Ward, dikutip dari Forbes Health (19/03/2024).

Dia juga menjelaskan kalau ada respons hormonal yang terkait dengan insulin. Mereka akan bekerja lebih baik membersihkan glukosa dari darah pada hari sebelumnya.

“Makan lebih awal di hari saat tubuh kamu lebih baik dalam memproses makanan akan membantu mengontrol berat badan. Jika kamu membatasi asupan kalori di kemudian hari, maka akan sulit bagi untuk mencegah penambahan berat badan,” ungkap Ward yang juga penulis The Menopause Diet Plan: A Natural Guide to Hormones, Health, and Happiness.

2. Memperhatikan Asupan Karbohidrat dan Makanan Olahan

Karbohidrat menjadi salah satu kemungkinan terbesar penyebab bertambahnya lemak di perut, yang juga membuat bertambahnya lingkar pinggang.

“Konsumsi karbohidrat dan makanan olahan berlebihan adalah kontributor utama penumpukan lemak perut,” ungkap dokter penyakit dalam Spencer Kroll, MD, yang berspesialisasi pada penyakit kolesterol dan lipid di praktik medis pribadinya di Marlboro, New Jersey, USA.

Kita tidak harus mengikuti gaya makan rendah karbohidrat, lebih baik untuk mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana seperti kue dan jus buah.

“Sebaliknya, pilihlah karbohidrat yang juga mengandung serat. Contohnya, sayuran, biji-bijan, kacang-kacangan, dan polong-polongan. Usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya 25 -30 gram serat sehari,” jelas Ward.

3. Memasukan Protein Tanpa Lemak

Setiap kali makan, usahakan memasukkan protein tanpa lemak. Hal ini akan membantu kita merasa kenyang.

Ward merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 20- 30 gram protein setiap kali makan, dan 10 gram protein untuk setiap kali camilan.

4. Latihan Kardio dan Kekuatan (Strength Training)

Olahraga merupakan komponen kunci dalam penurunan berat badan, terutama pengurangan lemak perut.

Latihan ketahanan dan aktivitas aerobik akan membantu menghilangkan lemak perut cepat hilang.

Terdapat banyak pilihan kardio ke dalam rutinitas olahraga, di antaranya:

Berjalan
Jogging atau lari
Renang
Bersepeda
Tali lompat
Mendayung
Menggunakan mesin elips
Tenis, sepak bola, atau olahraga yang sering membutuhkan gerakan lainnya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), merekomendasikan aktivitas aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat dan bersepeda santai selama 150 menit atau 75 menit.

Kamu juga bisa pilih aktivitas berat, seperti berlari dan bermain bola basket dalam seminggu atau setidaknya dua hari dalam aktivitas penguatan otot.

5. Prioritaskan Tidur dengan Nyenyak

Riwayat jejak tidur yang buruk juga berpengaruh pada lemak perut. Sebuah penelitian tahun 2010 oleh Hairston KG, dkk., menemukan kalau tidur malam kurang dari 5 jam secara rutin dikaitkan dengan peningkatan signifikan akumulasi lemak visceral, serta subkutan di antara orang dewasa (usia

“Tidur yang buruk telah dikaitkan dengan penumpukan lemak tubuh, dan resistensi insulin. Tidur yang lebih baik dan pengurangan stres, bisa membantu menghilangkan lemak.” kata Dr. Kroll.

Itu tadi beberapa cara menghancurkan lemak perut yang membandel berdasarkan beberapa ahli diet. Semoga bermanfaat.

Simak Video “Tips Olah Singkong Anti Pahit Ala Laura
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)

Membagikan
Exit mobile version