Jumat, Oktober 11

Jakarta

Bakmi Jawa khas Yogyakarta bisa ditemukan di Jakarta. Mulai dari racikannya asli rasanya gurih Mlekoh dan dimasak pakai api arang.

Bakmi Jawa cukup banyak jenisnya, salah satunya bakmi jawa khas Yogyakarta. Ciri khas racikan bakmi ini terletak pada penggunaan ayam kampung, biasanya menggunakan daging paha yang juicy dan empuk.

Selain memakai bumbu bawang, merica dan kemiri yang gurih sedap ada tambahan telur bebek atau ayam agar gurih. Bakmi dimasak menggunakan api arang sehingga aromanya smokey.


Di Jakarta, ada banyak tempat makan bakmi Jawa khas Yogyakarta yang terkenal enak. Berikut berapa rekomendasinya:

1. Bakmi Jawa Mas Yono

5 Bakmi Jawa Mlekoh Khas Jogja yang Wajib Dicoba di Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Di sekitar Panglima Polim, Jakarta Selatan ada tempat bakmi Jawa ala Jogja yang enak dan terkenal sejak dulu. Namanya Bakmi Jawa Polim Mas Yono, buka dari sore hari sampai dini hari.

Meski hanya bermodalkan warungtenda sederhana tapi antriannya tidak main-main. Menu favoritnya ada Bakmi Godhog dengan kuah kental dan rasa autentik seperti di Yogyakarta.

Lalu ada juga Bakmi Gorengnya, teksturnya lembut dan matang dengan bumbu yang pas. Kisaran harganya dari Rp 25.000.

2. Bakmi Jogja Dharmawangsa

5 Bakmi Jawa Mlekoh Khas Jogja yang Wajib Dicoba di Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Warung makan Bakmi Jogja Dharmawangsa ini terletak di area Kebayoran Baru. Di sini menawarkan bakmi Jawa dengan rasa tradisional seperti di Yogyakarta. Satu porsinya dibanderol dengan harga yang berkisar mulai dari Rp. 22.00 – Rp. 30.000.

Perbedaan harga tersebut disesuaikan dengan isian yang dipilih ada menu bakmi Jawanya. Mie godog di sini disajikan dalam piring berwarna putih dengan kuah yang juga berwarna putih.

Mieny lembut dengan kuah kaldu ayam gurih ringan. Bakmi Jawa tersebut diisi dengan irisan kol dan tomat, suwiran ayam yang royal dan orak arik telur.

3. Bakmi Jogja Mbah Surip

5 Bakmi Jawa Mlekoh Khas Jogja yang Wajib Dicoba di Jakarta Foto: Site Culinary/Visual

Bakmi Jogja Mbah Surip merupakan warung bakmi yang legendaris. Warungnya sudah beroperasi selama lebih dari 25 tahun. Lokasinya ada di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Proses memasak yang masih tradisional membuat cita rasa bakminya semakin lezat. Tekstur mienya yang kenyal berpadu dengan kuah kuningan dengan rasa dan aroma bawang putih yang gurih.

Kemudian diberikan topping berupa ayam kampung suwir dan cabe rawit. Mienya berwarna agak pucat, tapi itu bukan berarti buruk. Selain itu, ada juga bakmi goreng seharga Rp 25.000-an.

Simak Video “Bikin Kalap! Tempat Makan Murah di Gading Serpong yang Punya Aneka Sayur Enak
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version