Minggu, Oktober 6

Jakarta

Bahan makanan dan minuman ini memiliki harga yang sangat fantastis. Karenanya dinobatkan sebagai bahan makanan dan minuman termahal di dunia.

Selain perhiasan hingga barang bermerek, makanan jadi salah satu komoditas yang terjual mahal. Apalagi jika makanan dan minuman tersebut terbilang langka hingga melalui proses yang panjang.

Beberapa tahun terakhir muncul banyak bahan makanan yang memiliki harga fantastis bahkan rentang harganya dari ratusan juta rupiah sampai miliaran rupiah. Mulai dari daging ikan, beras, teh hingga kopi.


Berikut lima bahan makanan hingga minuman termahal di dunia.

1. Kopi Termahal di Dunia

5 Bahan Makanan dan Minuman Termahal di Dunia, Harganya Selangit! Foto: Site News

Di bulan Agustus tahun ini, ada acara Best of Panama 2024 Auction. Acara ini merupakan surga para pecinta kopi karena dihadiri oleh berbagai produsen biji kopi berkualitas di dunia. Tahun ini pemenang dari acara ini adalah Elida Geisha Natural Torre Coffee yang diproduksi oleh Lamastus Family Estate.

Kopi mereka ditawar dengan harga tinggi saat lelang yaitu di angka USD 10,013 per kilogram atau setara Rp 155,2 juta. Disebut juga sebagai salah satu kopi termahal di dunia.

Ada alasan tersendiri mengapa Elida Geisha Natural Torre Coffee memiliki harga jual yang sangat tinggi. Menurut perwakilan dari Lamastus, kopi ini sudah ditanam sejak 100 tahun lalu dan dirawat oleh empat generasi yang berdedikasi memproduksi kopi ini.

Karena kopi ini tumbuh di dataran tinggi, biji kopinya sangat padat, serta aromanya cukup lembut dan enak. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Kopi perkebunan ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

2. Kepiting Termahal di Dunia

5 Bahan Makanan dan Minuman Termahal di Dunia, Harganya Selangit! Foto: Site News

Di wilayah Tottori, Jepang ada kepiting snow crab yang beberapa kali memecahkan rekor dunia. Setelah di tahun 2018, Prefektur Tottori di Jepang tercatat memiliki kepiting termahal di dunia.

Di akhir tahun 2019 rekor baru kembali dipecahkan. Kali ini pusat pelelangan di Tottori berhasil menjual snow crab seharga $46.000 (Rp 709 juta). Berat kepiting ini sekitar 1,2 kg dengan lebar mencapai 14,6 cm.

Menurut sang penjual meski harga satu kepiting ini setara dengan satu mobil mewah. Tapi untuk masalah rasa tidak akan mengecewakan. Setelah dibeli, daging kepiting snow crab ini akan disajikan di restoran kelas atas di Tokyo.

3. Beras Termahal di Dunia

beras termahal di dunia Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Beras merupakan makanan pokok yang paling umum di dunia. Setiap negara bahkan memiliki karakteristik beras tersendiri, seperti di Jepang yang terkenal pulen dan harum.

Menariknya lagi, di negeri sakura tersebut ada beras diklaim sebagai beras termahal di dunia. Bernama Kinmemai Premium yang harganya mencapai Rp 1,8 juta per kilogram.

Beras ini pun mendapat rekor Guinness World Records sebagai beras termahal di dunia sejak 2016 lalu. Butiran berasnya terlihat seperti berlian kecil yang berkilau. Menariknya lagi, beras ini tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Berasnya sudah bersih dan putih, serta memiliki aroma khas dan rasa yang cenderung manis.

Membagikan
Exit mobile version