Sabtu, Oktober 12

Jakarta

Mencoba menurunkan berat badan dengan mengonsumsi jeruk menjadi ide yang bagus. Pasalnya, jeruk mengandung beragam nutrisi baik, termasuk rendah kalori dan berserat tinggi.

Jeruk menjadi salah satu buah yang bagus dikonsumsi ketika sedang diet. Buah berwarna cerah ini tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi, mulai dari vitamin C, serat penting, hingga antioksidan.

Meskipun kandungan nutrisinya baik untuk kesehatan, tetapi banyak orang mungkin ragu dengan manfaatnya untuk penurunan berat badan.


Melansir healthshots.com (06/10/2024), ada 5 alasan yang membuat jeruk patut dimasukkan dalam menu harian. Berikut penjelasannya:

1. Jeruk rendah kalori

Jeruk rendah kalori sehingga kalori yang masuk tidak lebih besar dari yang dikeluarkan. Foto: Getty Images/DianaHirsch

Salah satu alasannya karena jeruk adalah buah yang rendah kalori.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan International menemukan jika jeruk berukuran sedang biasa mengandung 60 sampai 80 kalori.

Mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar merupakan pilihan penting dalam menurunkan berat badan. Karenanya, jeruk menjadi pilihan yang tepat.

2. Tinggi serat

Jeruk juga menjadi salah satu buah yang tiinggi serat. Foto: Twitter/Visual

Jeruk dapat membantu penurunan berat badan karena mengandung banyak serat, terutama serat larut.

Jenis serat ini dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa kenyang dan membuat perut kenyang lebih lama. Ketika sudah merasa kenyang, seseorang cenderung tidak ngemil atau makan berlebihan. Secara signifikan dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

3. Membantu menghidrasi tubuh

Kandungan air yang tinggi di dalamnya dapat membantu hidrasi tubuh. Foto: iStock

Jeruk juga termasuk buah dengan kandungan air yang tinggi, sekitar 85-90 persen.

Berarti, ketika seseorang makan jeruk, asupan air ke dalam tubuh juga meningkat.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting untuk menjaga metabolisme dan tingkat energi sehat. Pada akhirnya, ikut membantu menurunkan berat badan.

Makanan dengan kandungan air tinggi juga dapat membantu perut kenyang tanpa menambahkan kalori ekstra. Sebab, makanan ini mengisi ruang kosong di perut, membuat perut seseorang puas sekalipun porsi yang dimakan sebenarnya kecil.

Jadi, dengan makan jeruk, kamu bisa menghindari makan berlebihan.

Alasan lain mengapa jeruk bisa bantu turunkan berat badan dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Nikmatnya Pangsit Aneka Rasa dan Segarnya Es Jeruk
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version