Rabu, September 18

Jakarta

Banyak pembeli yang tak puas dengan pelayanan restoran hingga makanan yang disajikan. Tapi ada beberapa yang nekat sampai menuntut restoran.

Pengalaman bersantap di restoran atau tempat makan menjadi salah satu yang paling sering dibahas atau diulas orang. Bahkan ada banyak situs kuliner yang berisi ulasan tentang pengalaman makan di restoran yang dikunjungi.

Namun banyak juga pembeli atau pengunjung restoran yang tak puas dengan pelayanan yang diberikan. Kebanyakan pembelimengeluh dengan pelayanan yang tak sesuai, kualitas makanan sampai kejadian yang menimpa mereka ketika makan.


Tak heran ada beberapa pembeli yang nekat memutuskan untuk menuntut ganti rugi sampai ratusan juta rupiah ke pihak restoran. Berikut beberapa kisahnya:

1. Makanan Terlalu Pedas

5 Aksi Pembeli Tuntut Restoran Ratusan Juta Rupiah Usai Makan Foto: Site News

Wanita bernama Harjasleen Walia di California menuntut restoran Thailand bernama Coup de Thai yang berlokasi di San Jose. Ia mengeluhkan menu pembuka yang disantapnya bernama Dragon Balls.

Walia melahap menu tersebut pada 15 Juli 2021. Ia amat kecewa karena merasakan efek tak enak pada tubuhnya setelah makan Dragon Balls. Seluruh rongga mulut, lidah, tenggorokan, dan hidungnya disebut seperti terbakar.

Ia mengklaim alami luka bakar kimiawi pada pita suara, kerongkongan, dan bagian kanan lubang hidungnya. Walia pun mengajukan tuntutan pada restoran. Walia mencari ganti rugi dalam jumlah yang tidak ditentukan. Dia juga mencari remunerasi untuk biaya pengobatan, kehilangan pendapatan, dan biaya hukum atas tuntutannya ini.

2. Burger Keju Berakhir Tuntutan

Dua orang pelanggan menggugat resto cepat saji Mcdonald’s ebesar Rp 70 miliar. Hal ini terjadi di McDonald’s cabang Florida, Amerika. Saat itu Cynthia Kissner dan Leonard Werner memesan Quarter Pounder tanpa keju. Quarter Pounder merupakan menu burger yang berisi daging patty seberat 1/4 pound atau sekitar 113 gram.

Mereka sengaja memesan menu tersebut tanpa keju. Karena menurut mereka hamburger dan cheeseburger punya harga berbeda. Namun saat ingin membayar, mereka tetap dikenakan biaya menu Quarter Pounder biasa. Karenanya Cynthia dan Leonard merasa dipaksa membayar bahan makanan yang tidak mereka terima dan makan.

Mereka akhirnya mengajukan gugatan terkait kejadian itu di pengadilan Fort Lauderdale, Florida. Tak tanggung-tanggung, mereka menggugat McDonald’s sebesar $5 juta (Rp 77,4 miliar).

3. Sindrom Nasi Goreng

Nasi Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Wanita ini tuntut restoran China all you can eat sebesar Rp 14.2 miliar. Ini karena dirinya menderita ‘fried rice syndrome’ usai melahap nasi goreng di sana.

Germaine Mobley menuntut restoran Asian King Buffet di wilayah Waxahachie, Texas, AS. Wanita berusia 62 tahun itu mengaku terkena fried rice syndrome usai melahap nasi goreng di restoran itu pada tahun 2016.

Karenanya ia melayangkan gugatan pada pihak restoran sebesar $ 1 juta (Rp 15,5 miliar). Lewat gugatannya, Mobley menulis kalau Bacillus cereus atau biasa disebut ‘fried rice syndrom’ merupakan sejenis bakteri. Bakteri tersebut ada pada hidangan yang dibiarkan atau disimpan dalam suhu ruangan.

Simak Video “Bakmi Ragam Topping di Kawasan Mayestik
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version